Cara Membuka dan Mengunci Layar Tanpa Menggunakan Tombol Power (Redmi Note 5A)

Posted on

ArchiMateriali.com – Holla sobat Archi dimanapun berada. Sudah berbahagiakah hari ini? Semoga sobat semua selalu bersyukur dengan cara menebarkan kebahagiaan di sekitar lingkungan sobat. Aamiin. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mudah membuka dan mengunci layar smartphone tanpa menggunakan atau menyentuh tombol power atau on/off. Saya yakin ketika membuka layar yang terkunci seringkali harus menekan tombol power atau on/off. Saya pun mengalaminya sendiri. Lambat laun tombol power atau on/off jika terus-terusan ditekan pasti bakalan rusak. Ya kan sob?

Tap Wake Up

Untungnya perkembangan teknologi smartphone semakin ke sini semakin canggih. Dengan menghadirkan sebuah fitur tap wake up atau membuka layar cukup dengan diketuk beberap akali. Biasanya sih 2 kali ketukan. Dan sayangnya fitur ini masih disematkan hanya beberapa tipe merk smartphone tertentu. Semoga bisa menjadi fitur bawaan smartphone kedepannnya. Tentu hal ini untuk meminimalisir kerusakan tombol power atau on/off. Dan juga menghemat waktur karena harus menekan tombol power atau on/off yang rata-rata berada di samping atau atas bodi smartphone.

Oh iya di sini saya menggunakan contoh smartphone Xiaomi Redmi Note 5A. Hape ini sudah mendukung fitur tap wake up. Ini salah satu yang saya sukai di hape tersebut. Oke, mari kita bahas satu per satu.

Membuka Layar

Di dalam hape Redmi Note 5A ini sobat bisa mengaktifkan fitur ketuk 2x untuk membuka layar. Karena dari bawaannya tidak aktif secara otomatis. Jadi mau tidak mau harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

1. Masuk ke Pengaturan atau Settings di hape Redmi Note 5A sobat Archi semua.

2. Kemudian pilih Tampilan atau Display.

3. Lantas aktifkan dengan cara digeser ke kanan fitur Ketuk Layar 2X untuk bangunkan atau Double Tap Screen to Wake

Selamat, sobat sudah bisa membuka layar yang terkunci cukup dengan mengetuk 2x di layar untuk membukannya. Jadi tidak perlu harus menekan tombol power atau on/off segala. Mudah bukan Sobat Archi?

Mengunci Layar

Sekarang gilirannya mengunci layar hape. Sesuai judul di atas, mengunci layar di sini tanpa menggunakan tombol power atau on/off. Biaklah, di sini saya akan memberikan dua tips. Terserah sobat Archi mau menggunakan yang mana sesuai selera. Kalau saya malah menggunakan dua-duanya, hehe.

Pertama, Mengunci Layar dengan Waktu

Tentu saya yakin sobat Archi sudah paham dengan maksudnya. Setiap hape tentu ada pengaturan waktu tidur layarnya. Semua tergantung kita mengaturnya berapa detik atau menit.

1. Masuk ke Pengaturan atau Settings.

2. Kemudian pilih Kunci Layar & Sandi atau Lock Screen & Password.

3. Pilih bagian Tidur atau Sleep.

4. Lantas pilih berapa detik atau menit untuk digunakan layar terkunci secara otomatis setelah tidak digunakan. Di sini saya biasanya mengatur ke 1 menit.

Kedua, Mengunci Layar dengan Menekan Tombol Navigasi

Kali ini kita memanfaatkan salah satu tombol navigasi yang ada di Redmi Note 5A. Baiklah langsung saja kita bahas langkah-langkah di bawah ini.

1. Pilih Pengaturan atau Settings di hape sobat.

2. Pilih Setelan Tambahan atau  Additional settings.

3. Lantas pilih Pintasan Tombol dan Gerakan atau Button and gesture shortcuts

4. Kemudian pilih Matikan Layar atau Turn off screen

5. Di sini ada empat pilihan yang bisa sobat coba sesaui dengan selera. Saya biasanya memilih yang Long Press the Back Button sih.

  • Tekan lama Tombol Beranda atau Long Press the Home Button
  • Tekan lama Tombol Menu atau Long Press the Menu Button
  • Tekan lama Tombol Kembali atau Long Press the Back Button
  • Tidak ada atau None

Jadi ketika kita sedang buru-buru nih misalnya, kita bisa menekan lama tombol kembali untuk mengunci layar hape sobat. Dan sekali lagi tanpa harus melibatkan tombol power atau on/off.

Bagaiman sobat Archi? Mudah bukan? Tips mudah membuka atau mengunci layar hape tanpa menggunakan tombol power atau on/off di Redmi Note 5A. Apakah bisa digunakan untuk seri Xiaomi lainnya Mas? Bisa, dengan catatan seri tersebut sudah ada fitur tap wake up seperti yang saya sebutkan di awal tulisan.

Sobat Archi juga bisa melihat tutorial di atas versi videonya di bawah ini. Semoga bisa lebih membantu sobat semua ya.

[vimeo width=”100%” height=”300″ src=”289591856″][/vimeo]

Semoga bermanfaat. Salam Bahagia.

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.