Cara Mudah Flashing Redmi S2 Rom Distributor Abal-abal ke Rom Global Stable (100% Work)

Posted on

ArchiMateriali.com – Holla sobat Archi dimanapun berada? Sudah bersyukurkah hari ini atas nikmat yang Allah berikan ke kita? Semoga sudah ya sobat. Baiklah, kali ini saya akan membahas cara mudah flashing Redmi S2 rom distributor abal-abal ke rom global stable official resmi. Saya yakin banyak para pengguna Redmi S2 mengalami hal yang sama. Ketika membeli Xiaomi Redmi S2 dengan harga miring ternyata yang datang menggunakan rom distributor abal-abal. Artikel kali ini akan sedikit lebih panjang dari artikel-artikel sebelumnya. Jadi pastikan sobat teliti dan kuatkan mentalnya, haha.

Apakah ada masalah dengan rom distributor tersebut? Tidak semua, tetapi kebanyakan bermasalah. Banyak MI Fans (sebutan pengguna smartphone Xiaomi) bahwa rom distributor banyak malware, bloatware atau disisipi aplikasi berbahaya. Yang mengharuskan mau tidak mau kita harus beralih ke rom resmi China atau memakai rom globalnya. Selain tentunya agar selalu mendapatkan pembaruan sistem operasi dari Xioami langsung. Karena dengan rom distributor yang abal-abal tersebut, kita tidak bisa mendapatkan pembaruan sistem layaknya rom China atau rom globalnya.

Redmi S2 Rom Distributor Abal-Abal

Lantas ciri-criri seperti apakah sebuah smartphone Xiaomi tersebut bisa dikategorikan menggunakan rom distributor abal-abal atau rom resmi? Sebenarnya ada beberapa tips dan trik yang bisa sobat Archi gunakan sebagai pedoman atau patokan ketika hendak membeli smartphone Xiaomi khususnya Redmi S2 ini.

  1. Kardus berwarna merah dan bertuliskan huruf China. Redmi S2 resmi yang masuk ke Indonesia menggunakan kardus berwarna ORANGE bukan MERAH. Dan bertuliskan Redmi S2.
  2. Cek versi MIUI di pengaturan. Untuk rom resmi biasanya versi MIUI menggunakan 3 atau 4 digit angka. Sedangkan untuk rom abal-abal menggunakan 5 digit angka, seperti contoh MIUI Global 9.5 | Stabil 9.5.9.0.0 (OEFMIFA)
  3. Terakhir, cek di pembaruan sistem. Ketika sobat Archi mengecek di situs resminya ada versi MIUI yang terbaru tetapi ketika sobat cek di pembaruan sistem hape tidak ada pembaruan sistem. Bisa dipastikan rom smartphone Xiaomi sobat adalah rom distributor abal-abal.
  4. Tambahan, biasanya harga Redmi S2 yang menggunakan rom distributor abal-abal lebih murah dibandingkan dengan Redmi S2 garansi TAM. Di marketplace rata-rata dijual di bawah 2 juta rupiah.

Dan beruntungnya saya, ketika membeli hape ini ndilalah kok ya mendapatkan rom distributor abal-abal. Maklumlah tergiur dengan harga yang miring dan murah, hahaha. Jangan ditiru ya sobat. Saya sarankan lebih baik membeli dengan harga yang sedikit lebih mahal tetapi pasti resminya. Tetapi jika sobat memiliki jiwa rebel kayak saya ini ya monggo, beli Redmi S2nya yang menggunakan rom abal-abal.

Flashing Redmi S2 ROM Distributor Abal-Abal ke ROM Global Stable Resmi Official

Baiklah, mari kita ke pembahasan yang utama, yaitu proses flashingnya. Tutorial flashing Redmi S2 ini menggunakan metode testpoint dan bypass unlock bootloader, kemudian flashing dengan ROM Global Stable. Jika hape sobat belum unlock bootloader langsung dihajar diflash ke ROM Global Stable tidak bisa, nanti akan berhenti di Recovery, bisanya ke ROM China. Bahkan kemungkinan terburuknya adalah bootloop atau mati. Maka dari itu harus dilakukan bypass unlock bootloader agar bisa langsung menggunakan ROM Global Stable.

Sebelum itu sobat Archi harus mempersiapkan bahan-bahan untuk proses flashing di atas. Sobat bisa mengunduhkan terlebih dahulu di tautan bawah ini.

Baca Juga :  Cara Mudah Flash Asus ZenFone Max 4G Z010D ZC550KL Tanpa PC (100% Work)

Jika sobat tidak yakin untuk melakukannya, BERHENTI sampai di sini. Karena tutorial ini hanya untuk mereka yang berjiwa rebel atau nothing to lose, haha. Atau sobat bisa meminta bantuan ke konter yang terpercaya untuk melakukannya. Karena saya tidak bertanggungjawab segala resiko yang ditimbulkan ketika melakukan tutorial ini. Perhatikan secara teliti setiap langkah-langkahnya.

Langkah-langkahnya saya kelompokkan menjadi 5 bagian, yaitu Instal USB & ADB DriverCek Unlock Bootloader, Test Point Redmi S2, Unlock Bootloder Redmi S2 dan Flashing ROM Global Stable.

Instal USB & ADB Driver

Jika sobat Archi sudah melakukan langkah ini bisa langsung ke langkah selanjutnya. Ini khusus bagi sobat yang belum pernah memasang USB driver dan ADB driver Redmi S2 sebelumnya di komputer atau laptop. Sobat bisa membacanya di artikel saya sebelumnya Cara Mudah Instal Driver & ADB Redmi S2.

Cek Unlock Bootloader

1. Pastikan sobat sudah yakin bahwa Redmi S2nya menggunakan ROM abal-abal. Seperti yang saya punyai menggunakan MIUI Global 9.5 | Stabil 9.5.9.0.0 (OEFMIFA), sudah bisa dipastikan menggunakan rom distributor abal-abal. Sesuai pernyataan sebelumnya di atas, saya cek pembaruan tidak ada. Padahal di situs resminya firmware Redmi S2 yang global stable sudah v10.0.8.0.

2. Oh iya saya cek juga status Mi Unlocknya sudah terbuka alias unlock bootloader (UBL). Sampai di sini kebanyakan sudah girang bukan main hapenya sudah UBL. Langsung dihajar flashing ke rom global. Padahal status ini kebanyakan unlock bootloader fake atau palsu. Cara terbaik cek sudah UBL atau belum menggunakan fastboot.

Untuk mengecek status Mi Unlock terlebih dahulu sobat ketuk 5 kali versi MIUI di pengaturan. Kemudian masuk ke setelan tambahan > Opsi developer > Status Mi Unlock.

3. Masuk ke mode fastboot dengan cara reboot Redmi S2 sobat kemudian tahan tombol volume bawah (-) ketika booting. Akan muncul gambar robot dan tulisan fastboot jika berhasil.

4. Kemudian hubungkan Redmi S2 ke komputer atau laptop sobat Archi. Kemudian buka folder hasil ekstrak file ADB Fastboot yang barusan sobat unduh. Buka ADB Fastboot dengan cara menahan tombol SHIFT kemudian klik kanan pilih Open Windows Command Here.

Baca Juga :  Cara Mudah Verifikasi Google Search Console

5. Cek di CMD tersebut apakah hape kita sudah terdeteksi di komputer atau laptop apa belum. Tidak lupa juga cek nama device dan status bootloader device. Dengan menggunakan perintah di bawah ini.

[infobox style=”alert-info”]

fastboot devices > untuk mengecek device fastboot
fastboot getvar product > untuk mengecek nama device
fastboot oem device-info > untuk mengecek bootloader device[/infobox]

Seperti gambar hasil pengecekan di atas. Bahwa Redmi S2 saya meskipun di statusnya sudah Unlock Bootloader tetapi ketika dicek di mode fastboot  unlock bootlodernya fake alias palsu. Langkah selanjutnya adalah test point Redmi S2.

Test Point Redmi S2

Mengapa harus melakukan test point segala mas? Test point dilakukan jika sobat Archi mengalami beberpa kasus seperti di bawah ini:

  • Ponsel dalam keadaan Mati Total, tidak bisa Masuk Fastboot, Download mode atau Recovery Mode
  • Locked Bootloader sementara device dalam keadaan bootloop
  • Ingin flashing pindah/ganti ROM Global ke ROM China atau sebaliknya tapi masih dalam keadaan Locked Bootloader. Tetapi kasus kita adalah ganti ROM dari rom distributor abal-abal ke rom global stabil tapi masih dalam keadaan Locked Bootloader.

Kita lanjutkan langkah selanjutnya yaitu step kategori kedua Test Point Redmi S2. Di sini sobat Archi harus sedikit bekerja keras untuk membongkar casing Redmi S2.

6. Matikan hape Redmi S2 sobat kemudian lepaskan tempat simcard terlebih dahulu. Sekarang gunakan pick gitar/bekas simcard/kuku untuk melepas penutup belakang. Mulai dari sisi bawah telepon. Jangan terlalu banyak memaksakan, pelan saja. Buat ruang untuk alat /kuku untuk mengangkat Penutup Belakang. Mulai dari bawah dan bergerak ke arah atas.

7. Lepaskan penutup belakang. Jangan langsung ditarik, pelan-pelan saja karena ada kabel Fingerprint yang terhubung. Lepaskan kabel Fingerprint dulu, baru buka penutup belakang.

8. Melepas 8 skrup untuk membuka penutup mesin.

9. Lantas lepas konektor baterai Redmi S2.

10. Lakukan test point dengan menyambungkan dua titik yang sudah saya kotaki merah menggunakan pinset. Dan hubungkan hape ke komputer atau laptop dengan kabel data. Lepaskan pinset jika Redmi S2 sobat bergetar.

Tunggu sampai proses pengenalan device selesai di komputer atau laptop. Jika sobat sudah melakukan pemasangan USB driver di bagian pertama dengan baik proses ini tidak akan menemukan kendala.

Test Point sudah berhasil dilakukan. Langkah selanjutnya akan melakukan Unlock Bootloader. Masih bersemangat ya sobat? Terkadang memang proses sedikit harus berusaha dengan keras untuk mewujudkan hasilnya, hehe.

Baca Juga :  Cara Mudah Setting LTE/4G Fujitsu Arrows NX F-04G

Unlock Bootloader Redmi S2

Baiklah langsung saja kita memasuki langkah bagian keempat yaitu Unlock Bootloader Redmi S2. Jika langkah sebelumnya sudah berhasil bagian ini hanya membutuhkan beberapa menit saja.

11. Ekstak file UBL Xiaomi Redmi S2 yang sduah sobat unduh barusan. Kemudian klik dua kali untuk membukanya.

12. Gunakan password file UBL Xiaomi Redmi S2 yang sudah disertakan di folder.

13. Tunggu proses unlock bootloader Redmi S2 selesai.

Memang di langkah keempat ini hanya memakan waktu yang lumayan singkat. Baiklah, mari kita masuk ke langkah kelima atau terkahir yaitu Flashing Redmi S2.

Flashing ROM Global Stable

Selamat sobat Archi sudah sampai di langkah terakhir. Mengganti rom distributor abal-abal ke rom global stabil. Langsung saja ya sobat tanpa perlu berbasa-basi lagi.

14. Pasang terlebih dahulu konektor baterainya. Kemudian masuk ke dalam mode Fastboot lagi dan sambungkan hape sobat Archi ke komputer atau laptop.

15. Buka Mi Flash 2016 x64 yang sudah sobat unduh. Tunggu sampai prosesnya selesai kemudian sobat buka.

16. Ekstrak juga dahulu file rom stabil ysl_global_images_V10.0.1.0.OEFMIFH.tgz, tunggu sampai selesai.

17. Klik Browse lantas cari letak folder rom yang barusan sobat ekstak. Pilih Flash All.

18. Klik Refresh untuk memastikan bahwa Redmi S2 sobat terbaca di Mi Flash 2016. Jika yakin sudah pilih Flash.

19. Tunggu proses flashingnya sampai selesai.

20. Taa…raaaa……proses penggantian rom distributor abal-abal ke rom golobal stabil Redmi S2 sobat Archi sudah selesai.

Mudah bukan sobat Archi? Iya memang sih, kita dipaksa harus sedikit bekerja lebih keras.

Jika dirasa penjelasan di atas sedikit membingungkan, sobat Archi bisa juga melihat tutorial cara mudah flashing Redmi S2 rom distributor abal-abal ke rom global stabil melalui video di bawah ini. Terima kasih untuk sobat Fuad Shifu yang sudah memberikan tutorial videonya di youtube.

Semoga berhasil ya sobat. Jika sobat masih menemukan kendala atau ingin bertanya bisa melalui kolom komentar di bawah ini ya. Saya tunggu ya sobat Archi.

Salam Bahagia.

Pembaruan 04/09/2019:

Karena banyak yang komplain beberapa tautan tidak bisa diunduh, maka saya buatkan satu tautan unduhan yang kurang lebih ukuran filenya 2GB. Sobat Archi bisa mengunduhnya melalui tautan di bawah ini:

Google Drive Tautan Tunggal 2GB

 

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.