Cara Mudah Hapus DEBLOADWARE dan Fix Panas di Fujitsu F-04G

Posted on

ArchiMateriali.com – Holla sobat Archi dimanapun berada. Sudah bersyukur belum hari ini sobat? Semoga sudah ya. Aamiin. Kali ini saya akan membahas perihal Fujitsu F-04G lagi. Jadi ceritanya kemarin ada komentar masuk dari salah satu sobat Archi yang menanyakan bagaimana menghapus aplikasi bawaan Fujitsu F-04G yang meminta akses root?

Sampai saat ini saya sudah mencoba melakukan rooting di Fujitsu Arrows F-04G. Alhamdulillah gagal semua. Dan setelah kemarin juga masuk di grup FB, akhirnya menemukan solusi untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa harus melakukan root. Atau istilahnya delete Debloadware di Fujitsu F-04G. Baiklah langsung saja kita bahas.

Pertama-tama, sobat harus mempersiapkan alat tempurnya terlebih dahulu seperti di bawah ini:

  1. Laptop atau komputer yang tersambung dengan internet (hanya pas pemasangan ADB)
  2. Fujitsu Tools yang mana di dalamnya sudah ada ADB Installer, Auto Delete Debloadware dan Fix Lag Panas (tautan unduhan : Fujitsu Tools)
  3. Kabel data yang bagus ( di sini saya menggunakan kabel data Xiaomi)
  4. Secangkir kopi sebagai teman bertempur

Baik sobat, setelah peralatan tempur siap. Untuk langkah-langkahnya saya bagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama, pemasangan ADB di komputer atau laptop. Bagian kedua, proses intinya.

Pemasangan ABD Fujitsu F-04G

Di sini kita masuk ke tahap pertama yaitu pemasangan ADB Fujitsu F-04G. Di dalam folder Fujitsu Tools yang sudah sobat unduh ada file yang namanya adbdriver.

1. Ekstrak file adbdriver.zip kemudian buka aplikasi ADBDriverInstaller.

2. Akan muncul jendela ADB Driver Installer 2.0 seperti gambar di bawah ini.

3. Kemudian kita mengatur di hape Fujitsu F-04Gnya untuk mengaktifkan USB Debugging. Cara mengaktifkan Developer Options terlebih dahulu dengan masuk ke Settings > Device Management > About Phone > Build Number (ketuk sebanyak 5 kali untuk mengaktifkan mode Developer).

4. Kemudian buka Developer Options, lantas aktifkan dengan menggeser ke ON dan scroll ke bawah untuk mengaktifkan USB Debuggingnya.

5. Lantas colokan Fujitsu F-04G sobat ke laptop atau komputer dengan kabel data yang sudah disediakan. Pastikan di layar hape sobat muncul pemberitahuan Allow USB Debugging? Centang bagian always allow from this computer kemudian pilih OK.

Baca Juga :  Trivia Fujitsu F-04G

6. Oh iya jangan lupa untuk jenis Use USB for-nya sobat pilih yang File transfers jangan pilih Charging.

7. Kembali ke ADB Driver Installer 2.0, pastikan hape sobat sudah terdetek. Jika belum klik REFRESH. Lantas pilih Install di pojok kanan bawah, tunggu proses pemasangan adb driver selesai. Jika selesai dan berhasil muncul tanda centang hijau seperti gambar di bawah ini.

 

Untuk bagian pertama sudah selesai kita kerjakan. Selanjutnya ke bagian kedua yaitu menghapus debloadware atau aplikasi-aplikasi bawaan yang ada di Fujitsu F-04G sobat.

Hapus Debloadware Fujitsu F-04G

Jika proses pertama atau di atas sudah selesai. Langkah selanjutnya adalah menghapus debloadware atau aplikasi-aplikasi bawaan yang sulit dihapus. Baiklah, mari kita bertempur sekali lagi.

1. Ekstrak terlebih dahulu file AUTO_DEBLOATWARE_BASED_F04G&02H_BY_LUTFIRZT kemudian pilih Start.

2. Proses penghapusan akan berlangsung seperti gambar di bawah ini. Pastikan hape tidak sobat cabut secara tiba-tiba. Dan pastikan juga kabel data tidak ada masalah.

3. Jika muncul Failure – not installed for 0, abaikan saja. Karena memang databasenya gabungan antara Fujitsu F-04G dan F-02H.

4. Jika proses sudah selesai cek di hape sobat. Aplikasi-aplikasi bawaan, termasuk juga Google dkk, akan terhapus.

5. Jika kemudian muncul error berupa “Unfortunately, Pedometer has stopped” sobat jangan panik. Cukup lakukan restart Fujitsu F-04G sobat Archi. InsyaAllah permasalahan tidak akan muncul kembali. Harus sabar untuk mengeklik OK-nya ya SOb, hehehe.

6. Efek penghapusan Debloadware di atas adalah hilangnya aplikasi phonebook bawaan Fujitsu. Jadi sobat bisa menggunakan aplikasi alternatif seperti yang saya gunakan yaitu Contact Google. Sobat bisa mengunduhnya di Play Store.

Fix Lag dan Panas Fujitsu F-04G

Pilihan ini sebenarnya sih opsional. Bisa sobat lakukan bisa juga tidak. Cukup sampai di hapus debloadware di atas. Caranya pun kurang lebih sama seperti langkah di atas. Sekali lagi, pilihan ada di sobat Archi sendiri. Saya tidak bertanggungjawab jika nantinya ada permasalahan di kemudian hari.

Baca Juga :  Cara Mudah Menghilangkan Signing Akun di CorelDraw 2017 dan 2018

Bagaimana sobat? Mudah bukan?

Mengapa kita perlu menghapus aplikasi-aplikasi atau debloadware di Fujitsu F-04G sih Mas? Kita tahu bahwasanya smartphone Fujitsu F-04G maupun seri lainnya hanya dikhususnya utnuk wilayah Jepang. Jadi, kebanyakan aplikasi bawaannya tidak terpakai oleh saya maupun pengguna Fujitsu di Indonesia lainnya. Dan, kebanyakan juga cara menghapusnya tidak bisa dilakukan seperti menghapus aplikasi pada umumnya. Singkat kata, dengan menghapus debloadware kita seolah mengembalikan android kita menjadi AOSP.

Selamat mencoba. Salam Bahagia. Archi.

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

19 thoughts on “Cara Mudah Hapus DEBLOADWARE dan Fix Panas di Fujitsu F-04G

  1. panas itu wajar buat hp yg kedap air dan anti debu, karena terlalu rapat akhirnya panas nggak bisa keluar dengan baik

    1. Cara ngembalikan cpulimitcontrol sama cputemperatur gimana gan , selain di reset factory , soalbya habis di bloatware itunya juga kehapus makanya panas

  2. Bro,

    Icon aplikasi2 yang sudah pernah diinstall (misalnya Gmail, Youtube, Whatsapp, dll) jadi hilang, tapi kalau dilihat di list aplikasi (Settings – Device Management – Apps), aplikasinya masih terinstall..
    Bgmn caranya agar iconnya bisa kembali ke mainscreen..??

    1. diaktifkan dahulu mas di pengaturan, klik versi device sebanyak 5-7 kali. Nanti akan muncul pengaturan baru Opsi Pengembang, lha di situ baru aktifkan USB Debugging terlebih dahulu.

  3. Klo stockrom buat f02h ada gak hu???
    Saya mw downgrade.
    Yg terbaru juga GPP sih.
    Mw ambil boot.img nya

    1. Untuk stockrom hape fujitsu saya tidak punya itu mas Doni. Mungkin Mas Doni bisa mencarinya di forum XDA. Terima kasih sudah mampir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.