Cara Mudah Hapus Folder Windows.Old di Windows 10

Posted on

Archi Materiali – Selamat malam sobat Archi dimanapun berada. Semoga selalu dalam naunganNya. Sudah beberapa hari ini tidak menulis lagi. Dikarenakan sedang musim hujan melanda, apa hubungannya coba? Gak ada sih, hahaha. Kali ini saya akan membahas tentang cara mudah menghapus folder Windows.Old. Bagi pengguna operating system ilegal Windows seperti saya ini, ehemm. Yang namanya system update atau upgrade secara otomatis pasti pernah mengalaminya. Terutama untuk para pengguna windows 10. Setiap kali ada update besar atau upgrade pasti akan meninggalkan apa itu yang namanya folder Windows.Old.

Lantas, apa itu folder Windows.Old?

Saya kutip dari blog howtogeek.com sebagai berikut:

[infobox style=”alert-info”]Essentially, the Windows.old folder just contains the old Windows system. From the Windows system files to your installed programs and each user account’s settings and files, it’s all here. The new version of Windows just keeps it around in case you’d like to go back to that older version of Windows or in case you need to dig in and find a file.[/infobox]

Paham? Saya sebenarnya pun juga kurang paham perihal penjelasan di atas. Maklumlah bahasa luar negeri saya ini pas-pasan, hahaha.

Tetapi pada intinya folder Windows.Old adalah folder bekas operating system lama setelah operating system Windows tersebut kita perbaharui atau upgrade. Intinya itu folder mantan OS sobat Archi yang lama, hehehe.

Lantas kenapa harus dihapus mas? Sebenarnya ini opsional sih, tergantung sobat Archi sendiri. Mau dihapus ya monggo silakan kalau mau dibiarkan seolah-olah untuk kenangan juga silakan. No problem. Tetapi menurut saya pribadi sih, sekali lagi menurut saya pribadi, folder Windows.Old memang pantas dihapus. Why?

Pertama, folder Windows.Old rata-rata memiliki ukuran yang bekas. Bergiga-gigabyte. Lumayanlah untuk mengurangi ruangan kosong partisi C sobat. Sekali lagi kembali ke pilihan sobat masing-masing. Kalau eman-eman kayak ngingat mantan ya silakan dibiarkan saja. Tapi kan mantan harus dilupakan, ya gak? Yang tidak mengangguk berarti belum bisa move on, heuheuheu. Kedua, seperti alasan pertama. Ngebak-ngebaki hardisk saja sih. Ketiga, ketika kita hapus secara manual, seperti biasa sobat hapus file. Saya jamin tidak bakalan bisa terhapus semua.

Baca Juga :  Cara Mudah Setting LTE/4G Fujitsu Arrows NX F-04G

Berdasarkan alasan gak mutu di atas semoga bisa melegitimasi bahwasanya folder Windows.Old layak kita hapus. Dan sesuai alasan terakhir bahwa untuk menghapus folder hasil upgrade Windows ini tidak bisa sembarangan. Makanya saya buat artikel macam ini. Yuk langsung saja kita bahas satu per satu.

Langkah 1

Pastikan cek terlebih dahulu di partisi C atau sistem sobat ada yang namanya folder Windows.Old. Ya semisal tidak ada saya sarankan sudahi membaca artikel ini. Beneran sudahi saja. Tetapi jika ndilalah di partisi sistem kalian ujug-ujug ada folder laknat ini. Teruskan membacanya. Teruskan. Penampakan folder tidak tahu diuntung ini seperti di bawah ini.

Penampakan folder Windows.Old di partisi C: saya
Penampakan folder Windows.Old di partisi C: saya

Langkah 2

Pilih icon Windows atau start kemudian ketik Disk Cleanup. Setelah ketemu kemudian buka atau pencet enter. Oh iya di sini saya menggunakan Windows 10 bajakan.

Ketik Disk Cleanup
Ketik Disk Cleanup

Langkah 3

Akan muncul jendela Disk Cleanup : Disk Selection, pilih disk C: atau partisi C:. Atau partisi yang sobat gunakan sebagai sistem. Kemudian pilih OK.

Pilih System C: atau partisi sistem sobat Archi
Pilih System C: atau partisi sistem sobat Archi

Tunggu proses scannya sampai selesai.

Langkah 4

Setelah selesai proses scan disk C akan muncul jendela Disk Cleanup for System (C:). Oh iya System adalah nama partisi C: di laptop saya. Di sini pilih Clean up system files bagian bawah.

Jendela Disk Cleanup for System (C:), pilih Clean up System Files
Jendela Disk Cleanup for System (C:), pilih Clean up System Files

Langkah 5

Maka langkah nomor 3 akan kita ulangi kembali. Muncul jendela Disk Cleanup : Drive Selection, sekali lagi pilih partisi C: kemudian pilih OK.

Pilih System C: atau partisi sistem sobat Archi
Pilih System C: atau partisi sistem sobat Archi

Tunggu proses scannya sampai selesai.

Langkah 6

Setelah muncul jendela Disk Cleanup for System (C:), seperti pengulangan langkah nomor 4 ya? Centang pada bagian Previous Windows Installation(s). Sedangkan yang lainnya hilangkan centangnya saja. Karena kita hanya akan menghapus folder Windows.Old. Bisa sobat lihat sendiri bukan? Ukuran Windows.Old di laptop saya 26,3 GB. Buset gede amat yak?

Centang pada bagian Previous Windows Installation(s)
Centang pada bagian Previous Windows Installation(s)

Setelah semua sobat cek hanya bagian previous windows insatallation(s) yang dicentang kemudian pilih OK.

Langkah 7

Muncul jendela pemberitahuan untuk menghapus secara permanen. Pilih Delete Files.

Pilih Delete Files
Pilih Delete Files

Sekali lagi muncul jendela peringatan bahwa file yang akan dihapus tidak bisa dikembalikan lagi. Pilih YES.

Pilih YES
Pilih YES

Langkah 8

Proses penghapusan folder Windows.Old sedang berlangsung. Di sini kita harus sabar menunggu. Karena ukuran folder yang begitu besar prosesnya juga memakan waktu yang lumayan bisa untuk kita ngopi-ngopi. Pada diem diem bae, ngopi mana ngopi, hehehe.

Proses penghapusan folder Windows.Old sedang berlangsung
Proses penghapusan folder Windows.Old sedang berlangsung

Langkah 9

Jika sudah selesai proses menghapusnya. Cek di partisi C: maka folder Windows.Old akan hilang seketika.

Baca Juga :  Pengalaman Kirim Baterai Laptop ke Luar Jawa
Taaraaaa...folder Windows.Oldnya sudah hilang tanpa bekas
Taaraaaa…folder Windows.Oldnya sudah hilang tanpa bekas

Bagaimana sobat? Mudah bukan cara menghapus windows.old di laptop atau komputer sobat sehabis upgrade atau update operating system Windowsnya.

Oh iya, jika penjelasan di atas dirasa masih membingungkan bisa cek video tutorial cara menghapus folder windows.old di windows 10 bawah ini sobat Archi.

[infobox style=”alert-info”]Jika artikel-artikel di blog ini bermanfaat, sobat Archi bisa kok share atau copy paste di blog sobat sendiri. Tetapi dengan catatan tetap mencantumkan link asli dari blog ini. Mari budayakan saling menghargai karya orang lain ya sobat Archi. Terima kasih.[/infobox]

Semoga bermanfaat ya sobat!

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.