Cara Mudah Instal LINE di Manjaro Linux

Posted on

ArchiMateriali.com – Holla sobat Ardchi dimanapun berada. Sudah bersyukurkah kita hari ini? Semoga sudah ya sobat. Aamiin. Kali ini yang akan saya bahas adalah cara mudah menginstal aplikasi LINE di Manjaro Linux. Oh iya lupa, mulai sekarang saya menggunakan salah satu distro dari GNU/LInux yang bernama Manjaro Linux. Sobat mungkin bisa mencobanya juga.

Di dalam situs resminya LINE hanya disediakan untuk versi Windows dan Mac sedangkan untuk GNU/Linux belum ada. Padahal aplikasi LINE ini merupakan aplikasi utama yang digunakan kantor. Ya mau tidak mau ya harus bisa menyesuaikan juga. Sebenarnya di GNU/Linux agar bisa menggunakan file ekstensi .exe bisa diakali menggunakan Wine. Tetapi di sini saya tidak menggunakannya melaikan menggunakan yang versi untuk ChromeOS.

Lantas bagaimana itu caranya?

LINE CromeOS

Baiklah mari kita bahas satu per satu langkahnya ya sobat. Oh iya di sini saya menggunakan Manjaro XFCE Edition (18.0). Dan pastikan sobat sudah terpasang peramban Google Chrome atau bisa juga menggunakan Chromium. Saya menggunakan yang pilihan kedua yaitu Chromium.

1. Buka terlebih dahulu salah satu peramban yang sudah saya sebutkan di atas barusan. Google Chrome atau Chromium. Kemudian buka situs resminya LINE , pilih Chrome. Sobat bisa melihatnya gambar di bawah ini.

Atau pakai cara yang kedua, sobat bisa langsung mengklik tautan alamat ini : LINE Chrome Web Store.

2. Akan terbuka jendela chrome web store. Kita pilih Add to Chrome.

3. Pilih Add Extension.

4. Tunggu proses pemasangannya sampai selesai hingga muncul pemberitahuan bahwa pemasangannya berhasil.

5. Jika berhasil di menu bar peramban sobat Archi akan ada logo LINE. Sobat bisa membukanya dengan mengklik dua kali.

6. Untuk menggunakannya sobat bisa login menggunakan email atau bisa juga dengan scan QR Code.

Dan sobat Archi sudah bisa menggunakan LINE Messenger di Manjaro. Selamat mencoba ya sobat.

Lantas apakah ada perbedaannya mas dengan yang dipakai di Windows atau Mac?

Perbedaan tersebut pastilah ada. LINE di Chormium ini tidak mendukung panggilan suara atau panggilan video. Jika dibandingkan dengan LINE yang bisa dipasang di Windows atau Mac. Jika memang fitur panggilan suara atau video sobat butuhkan, saya menyarankan untuk memasang aplikasi Wine. Agar bisa menjalankan file eksistensi .exe yang biasanya untuk Windows.

Baca Juga :  Photopea : Cara Mudah Mengedit File PSD Tanpa Photoshop

Dikarenakan memang di GNU/Linux aplikasi LINE Ini belum didukung dari pihak pengembangnya. Mau tidak mau pilihan LINE Chrome jadi pilihan. Dan tentunya bisa dijadikan alternatif yang menginginkan aplikasi LINE yang ringan dan tanpa harus memasang di laptop. Sobat Archi bisa mencoba LINE versi ChromeOS ini.

Semoga bermanfaat. Salam Bahagia.

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.