Cara Mudah Mengedit Green Screen Menggunakan Wondershare Filmora

Posted on

ArchiMateriali.com – Selamat malam sobat Archi, semoga selalu dalam keadaan yang berbahagia. Aamiin. Malam ini saya akan membahas tentang cara mudah mengedit green screen menggunakan Wondershare Filmora. Bagi sobat Archi yang merangkap sekaligus youtuber tentu tidak asing dengan aplikasi satu ini. Seolah menjadi jalan ninja bagi mereka yang belajar jadi youtuber tetapi tidak bisa pakai aplikasi Adobe Premiere Pro. Kebanyakan para youtuber menggabungkan antara rekaman wajah mereka dengan tampilan komputer atau ponselnya.

Bicara aplikasi mengedit video, dulu saya sering menggunakan Camtasia atau Sony Vegas, walau lebih sering menggunakan yang pertama itu. Maklum Sob, tidak handal menggunakan Adobe Premiere Pro. Beberapa akhir ini sempat membaca bahwa mengedit green screen atau layar hijau bisa menggunakan aplikasi simpel dan ringan. Yaitu, Wondershare Filmora.

Green Screen itu apa sih mas? Saya kutip dari Wikipedia, penjelasannya sebagai berikut. Adalah teknik untuk menggabungkan dua gambar atau bingkai (frame), sebagaimana sebuah warna (atau sejumlah susunan warna) dari satu gambar dihilangkan (atau dibuat tembus pandang), agar gambar lain yang terletak di belakang dapat terlihat.

Baiklah, langsung saja ya sob kita ke poin utamanya, yaitu cara mengedit green screen dengan aplikasi pengolah video dan gambar Wondershare Filmora. Hal pertama yang harus dimiliki adalah aplikasi Wondershare Filmora itu sendiri. Sobat bisa mencari dan mengunduhnya di mbah google, hehehe

Langkah 1

Menyiapkan video yang berlatar belakang layar hijau. Untuk latar belakang warna hijau sobat bisa menggunakan kain atau jika memang terpaksa bisa juga menggunakan tembok yang berwarna hijau. Selanjutnya menyiapkan video satunya lagi yang akan kita jadikan latar untuk video pertama barusan. Bisa tampilan komputer atau ponsel yang sudah kita rekam sebelumnya. Atau memakai video lainnya, sesuai selera sobat Archi.

Langkah 2

Membuka aplikasi Wondershare Filmora yang sudah sobat unduh dan pasang. Pilih saja Full Feature Mode.

Pilih Full Feature Mode
Pilih Full Feature Mode

Langkah 3

Mengimport video green screen dan video latar yang akan kita jadikan satu. Pilih Import kemudian pilih Import Media Files. Jika sudah yakin dengan video yang akan kita edit pilih Open.

Pilih Import kemudian pilih Import Media Files...
Pilih Import kemudian pilih Import Media Files…

Langkah 4

Di jendela kerja Wondershare Filmora seperti gambar di bawah ini. Bagian atas yang saya kotaki merah, tempat video latar yang akan kita gunakan sebagai latar atau backgroud. Kita tarik video latar ke bagian tersebut atau bisa juga dengan cara diklik tanda + di tengah videonya.

Baca Juga :  Cara Mudah Transfer File Dengan Mi Drop
Kotak Merah bagian untuk video latar yang akan kita pakai
Kotak Merah bagian untuk video latar yang akan kita pakai

Jendela kedua, seperti yang saya kotaki biru adalah tempat untuk video green screen kita. Kita tarik video green screen sobat ke bagian tersebut. Berarti urutannya video green screen berada di bawah video latar.

Kotak Biru bagian untuk video green screen yang akan kita buat transparan
Kotak Biru bagian untuk video green screen yang akan kita buat transparan

Langkah 5

Jika sudah sesuai, langkah selanjutnya adalah seleksi video green screen kemudian klik kanan pilih Green Screen. Bisa juga dengan memilih ikon layar yang ada kepala orangnya (lihat kotak merah)

Klik kanan pilih Green Screen
Klik kanan pilih Green Screen
Atau pilih ikon di dasbord seperti yang saya kotaki merah
Atau pilih ikon di dasbord seperti yang saya kotaki merah

Langkah 6

Akan muncul jendela PIP Edit, sobat tinggal memberikan centang di bagian Make parts of the clip transparent. Seketika yang tadinya latar warna hijau akan hilang, tergantikan transparan. Untuk tingkat intesitas warna sobat bisa mengaturnya sesuai selera. Atau bisa juga mengatur untuk shadow, border bahkan flip. Jika sudah oke tinggal pilih OK.

Beri centang di make part of the clip transparant
Beri centang di make part of the clip transparant

Langkah 7

Selesai. Tinggal mainkan saja video tersebut, apakah sudah sesuai atau belum.

Mudah bukan sobat Archi?

Dan tentunya saya yakin banyak di antara sobat Archi yang lebih jago perihal tutorial ini. Dan tidak lupa, semoga tutorial sederhana tentang bagaimana cara mengedit green screen menggunakan Wondershare Filmora bisa memberikan sedikit manfaat.

Terima kasih sudah berkenan mampir ya Soba. Oh iya lupa, jika penjelasan saya di atas masih kurang dipahami sobat Archi semua. Sobat bisa melihat tutorial vidoenya di bawah ini.

[youtube width=”100%” height=”300″ src=”1xrel1hac9o”][/youtube]

Terkahir, semoga sobat Archi tidak setia membaca semua tulisan yang saya tulis di blog ini.

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.