Cara Mudah Setting APN di Fujitsu Arrows NX F-01F

Posted on

Archi Materiali – Selamat pagi sobat Archi dimanapun berada. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat, aamiin. Yup, sesuai judulnya di atas saya akan membahas cara gampang setting APN (Access Point Name) semua provider Indonesia di smartphone Fujitsu Arrows atau Docomo NX F-01F.

Jadi beberapa waktu lalu, smartphone keluaran Fujitsu tahun 2012 (kalau tidak salah) ini sempat booming. Banyak sekali penjual di Bukalapak atau Tokopedia menjajakannya. Kenapa hape ini laris? Pertama karena harga. Saya dulu sempat beli dengan harga 650ribuan. Murah bukan? Kedua, spesifikasi yang ditawarkan. Jadi hape 5″ ini sudah 4G LTE dengan RAM 2GB dan kapasitas internal 32GB. Walau sayang hanya support single sim, sih.

Lantas kenapa harus setting-setting APN segala sih mas? Hahaha. Tenang sobat Archi. Saya belum selesai ngomong nulis. Smartphone ini sebesarnya hanya untuk pasar Jepang sana. Tidak ada versi global di luar Jepang. Jadi untuk pengaturan jaringan provider tentu tidak disupport selain provider di negara Doraemon sana. Paham?

Setting 4G/3G Fujitsu F-01F

Kalau itu kami paham mas! Lantas kenapa harus dibuat artikel postingan segala sih? Sebenarnya artikel ini hanya ungkapan pengalaman saya pribadi pernah menggunakan smartphone ini. Yang pada saat membeli perdana paket internet dan dipasang di hape ini. Lha kok tidak muncul icon 3G, 4G/LTE-nya? Saya berhusnudzon, lantas mencoba dengan menggunakan perdana internet lainnya. Lha kok masih sama. Sinyalnya sih muncul. Penuh malah. Tetapi ketika data internet diaktifkan tidak muncul apa-apa.

Saya restart hape berkali-kali juga tidak ngefek. Duh, apakah hapenya rusak? Pikir saya waktu itu. Dan akhirnya setelah menyendiri mencari wangsit ketemu juga solusinya. Seperti yang sudah saya singgung di kalimat akhir paragraf ketiga. Lantaran semula hape ini hanya diperuntukkan pasar Jepang, jadi ketika hape ini ndilalah nyasar sampai di Indonesia ya kita harus mengatur APN untuk provider Indonesia secara manual. Paham?

Jadi sampai jungkir balik sampai salto segala kalo APN-nya tidak kalian tambahkan secara manual ya tidak bakalan bisa dipakai untuk internetan kecuali pakai wifi.

Baca Juga :  Menghilangkan Bayang Keyboard Control AOV di NoxPlayer

Lantas bagaimanakah cara setting APN di Fujistu Arrows atau Docomo NX F-01F ini. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1

Masuk ke Setting kemudian pilih More…. Pilih Mobile Networks lantas klik Access Point Names. Dipastikan kosong melompong tidak ada apa-apanya. Ketika kita membuka Access Point Names di hape yang dijual di Indonesia sudah terdapat APN pelbagai provider Indonesia.

Langkah 2

Pilih tombol Recent App atau tombol yang bergambar 3 strip garis. Kemudian pilih New APN.

Langkah 3

Akan muncul jendela Edit Access Point. Kita isi hanya di bagian Name dan APN saja. Liannya dikosongi tidak malah. Untuk nama dan APN operator seluler Indonesia sudah saya sertakan di bawah ini.

[infobox style=”alert-dashed”]Name: Indosat, APN : indosatgprs

Name : Telkomsel, APN : telkomsel / internet

Name : XL/AXIS, APN : www.xlgprs.net

Name : Tri, APN : 3gprs[/infobox]

Langkah 4

Jika sudah mengisi bagian Name dan APN, sentuh tombol recent app lagi kemudian pilih Save.

Langkah 5

Maka akan muncul nama APN yang sudah kita buat barusan. Kemudian kita pilih dengan cara klik sampai tombol warna hijaunya muncul. Berarti APN sudah kita aktifkan.

Langkah 6

Dan taraaaa icon 3G atau 4G LTE yang sebelumnya ogah muncul sekarang muncul. Dan hape sudah bisa dipakai untuk berselancar di dunia maya.

Mudah bukan? Mudah jika tahu. Kalau tidak tahu ya, pusing tujuh keliling sih. Kayak saya dulu, hahaha. Jika penjabaran di atas dirasa membingungkan dan njelimet. Sobat Archi bisa melihat tutorialnya dalam bentuk video di bawah ini.

Demikian tips mudah setting APN provider Indonesia di smatphone Fujitsu Arrows / Docomo NX F-01F. Semoga bisa membantu kesulitan sobat Archi semua.

Semoga bermanfaat! Salam Bahagia.

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.