Cara Mudah Setting APN di Fujitsu Arrows NX F-01F

Posted on

Archi Materiali – Selamat pagi sobat Archi dimanapun berada. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat, aamiin. Yup, sesuai judulnya di atas saya akan membahas cara gampang setting APN (Access Point Name) semua provider Indonesia di smartphone Fujitsu Arrows atau Docomo NX F-01F.

Jadi beberapa waktu lalu, smartphone keluaran Fujitsu tahun 2012 (kalau tidak salah) ini sempat booming. Banyak sekali penjual di Bukalapak atau Tokopedia menjajakannya. Kenapa hape ini laris? Pertama karena harga. Saya dulu sempat beli dengan harga 650ribuan. Murah bukan? Kedua, spesifikasi yang ditawarkan. Jadi hape 5″ ini sudah 4G LTE dengan RAM 2GB dan kapasitas internal 32GB. Walau sayang hanya support single sim, sih.

Lantas kenapa harus setting-setting APN segala sih mas? Hahaha. Tenang sobat Archi. Saya belum selesai ngomong nulis. Smartphone ini sebesarnya hanya untuk pasar Jepang sana. Tidak ada versi global di luar Jepang. Jadi untuk pengaturan jaringan provider tentu tidak disupport selain provider di negara Doraemon sana. Paham?

Setting 4G/3G Fujitsu F-01F

Kalau itu kami paham mas! Lantas kenapa harus dibuat artikel postingan segala sih? Sebenarnya artikel ini hanya ungkapan pengalaman saya pribadi pernah menggunakan smartphone ini. Yang pada saat membeli perdana paket internet dan dipasang di hape ini. Lha kok tidak muncul icon 3G, 4G/LTE-nya? Saya berhusnudzon, lantas mencoba dengan menggunakan perdana internet lainnya. Lha kok masih sama. Sinyalnya sih muncul. Penuh malah. Tetapi ketika data internet diaktifkan tidak muncul apa-apa.

Saya restart hape berkali-kali juga tidak ngefek. Duh, apakah hapenya rusak? Pikir saya waktu itu. Dan akhirnya setelah menyendiri mencari wangsit ketemu juga solusinya. Seperti yang sudah saya singgung di kalimat akhir paragraf ketiga. Lantaran semula hape ini hanya diperuntukkan pasar Jepang, jadi ketika hape ini ndilalah nyasar sampai di Indonesia ya kita harus mengatur APN untuk provider Indonesia secara manual. Paham?

Jadi sampai jungkir balik sampai salto segala kalo APN-nya tidak kalian tambahkan secara manual ya tidak bakalan bisa dipakai untuk internetan kecuali pakai wifi.

Baca Juga :  Cara Mudah Setting LTE/4G Fujitsu Arrows NX F-04G

Lantas bagaimanakah cara setting APN di Fujistu Arrows atau Docomo NX F-01F ini. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1

Masuk ke Setting kemudian pilih More…. Pilih Mobile Networks lantas klik Access Point Names. Dipastikan kosong melompong tidak ada apa-apanya. Ketika kita membuka Access Point Names di hape yang dijual di Indonesia sudah terdapat APN pelbagai provider Indonesia.

Langkah 2

Pilih tombol Recent App atau tombol yang bergambar 3 strip garis. Kemudian pilih New APN.

Langkah 3

Akan muncul jendela Edit Access Point. Kita isi hanya di bagian Name dan APN saja. Liannya dikosongi tidak malah. Untuk nama dan APN operator seluler Indonesia sudah saya sertakan di bawah ini.

[infobox style=”alert-dashed”]Name: Indosat, APN : indosatgprs

Name : Telkomsel, APN : telkomsel / internet

Name : XL/AXIS, APN : www.xlgprs.net

Name : Tri, APN : 3gprs[/infobox]

Langkah 4

Jika sudah mengisi bagian Name dan APN, sentuh tombol recent app lagi kemudian pilih Save.

Langkah 5

Maka akan muncul nama APN yang sudah kita buat barusan. Kemudian kita pilih dengan cara klik sampai tombol warna hijaunya muncul. Berarti APN sudah kita aktifkan.

Langkah 6

Dan taraaaa icon 3G atau 4G LTE yang sebelumnya ogah muncul sekarang muncul. Dan hape sudah bisa dipakai untuk berselancar di dunia maya.

Mudah bukan? Mudah jika tahu. Kalau tidak tahu ya, pusing tujuh keliling sih. Kayak saya dulu, hahaha. Jika penjabaran di atas dirasa membingungkan dan njelimet. Sobat Archi bisa melihat tutorialnya dalam bentuk video di bawah ini.

Demikian tips mudah setting APN provider Indonesia di smatphone Fujitsu Arrows / Docomo NX F-01F. Semoga bisa membantu kesulitan sobat Archi semua.

Semoga bermanfaat! Salam Bahagia.

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

42 thoughts on “Cara Mudah Setting APN di Fujitsu Arrows NX F-01F

  1. Thanks gan, berguna banget.. dari awalnya memang banyak berbelit sih tp sampai ke tahap2nya bermanfaat sekali, sekali lagi thanks..

    1. Sama2 Mas Dan. Alhamdulillah jika memang bermanfaat.

      Terima kasih sudah mampir dan meluangkan waktu untuk berkomentar, hehehe

  2. Mkasih byk ya sob…ini bnar2 sangat membantu…o’ya boleh minta tolong kasih tau caranya spy hp fujitsu f01f bisa bhs.indonesia??soalnya sya gk ngerti bhs,inggris,,hehe,,mkasih ya sob..and sukses selalu..

    1. Alhamdulillah Mas Chandra jika tulisan ini bisa membantu sesama. Saya ikut sennag jadinya. Waduh mohon maaf mas Chandra terkait hal tersebut saya sendiri mencobanya juga belum berhasil sampai saat ini. Ya saran saya sih banyak2 digunakan sih mas, nanti juga akan paham dengan menu-menu tersebut kok, hehehe.

      Terima kasih sudah berkenan mampir dan menyempatkan berkomentar

    1. Oh iya Mas Rnd, untuk fujitsu f-01f memang ada 2 versi. Versi 3G dan 4G. Untuk 3G memang harganya sedikit lebih murah. Ketika beli masnya tidak tanya ke penjuale apakah yg 3G atau 4G ya?

  3. Saya kok ga bisa Save ya?
    Setelah setting APN dan lain-lain, lalu pilih opsi Save. Di list APN tidak ada keluar setting yang saya bikin.

  4. Mas saya mintak tolong
    Aqhu uda buat APN tpi k’ g’ bisa Dan sim.nya g’ konek mas
    Saya mintak to long ma’s bantuanya

    1. Mas Acham pakai kartu perdana apa kalo boleh tahu? Kalau tidak bisa menyimpan coba direstart dahulu atau jika juga sama hasilnya, coba dikembalikan ke pengaturan pabrik atau direset ulang.

  5. Bang hp fujitsu ku sinyal nya gapernah muncul kira kira gimana ya cara mengatasinya
    Saya menggunakan provider 3(three)

    1. Mas Abdul sudah coba pakai provider yg lain, misalnya telkomsel. Coba di bagian pengaturan jaringan dicari manual nanti akan tahu jaringan provider apa yg terbaca hape fujitsu.

  6. bang saya pake hp fujitsu arrows NX f-01f.. namun jaringan mentok di 3G.. padahal kartu saya udah kartu 4G alias 64k(tulisan belakang kartu)..
    saya coba ubek ubek cari setingan internet APN dan mencoba tips dari abang , tapi tetep mentok di 3G..
    kira2 ada solusinya bang untuk masalah hp fujitsu arrows NX f-01f saya ini
    terimakasih sebelumnya

    1. Pastikan dahulu Arrow F-01F Mas Arnay adalah yg 4G. Soalnya untuk seri F-01F ada dua versi yaitu yg masih 3G dan sudah 4G. Takutnya punyanya Mas Arnay adalah yang versi 3G.

      Memang Mas Arnay pakai kartu apa? Mungkin bisa dicoba pakai kartu Telkomsel dulu mas untuk ngetes sinyal 4Gnya.

  7. Bang ane pake tablet Arrows F03G, utk internetan udah nyambung oke telkomsel, tapi kalau buat dial kq gak bisa . Ane coba dial *888# tapi error voice call not supported. Gimana ngatasinnya ya?

    1. Untuk dial sobat ubah terlebih dahulu di pengaturan negara ke Indonesia. Karena masih bawaan Jepang sana, untuk telpon pun harus menyertakan +62/62 untuk menelpon nomor provider Indonesia.

        1. Reset ke pengaturan pabrik culu coba mas, kalau masih belum bisa kemungkinan kerusakan di hardwarenya. Jika memang masih garansi dari penjulanya saran saya mending ditukar saja.

    1. Pastikan untuk APNnya sudah Mas Ibrohim pilih untuk Axisnya. Biasanya dikarenakan belum kita pilih itu APN. Atau dicoba restart dahulu hapenya. Atau coba pake kartu telkomsel dahulu untuk mengetesnya mas.

    1. Bisa jadi versi punyanya Mas Fajar adalah yang jaringan 3G. Karena F-01F ada 2 varian, versi 3g dan 4g. Coba komunikasikan ke penjualnya kembali mas.

  8. Kenpa punya saya g bisa nyimpen nomer ya? ‘The contents of edit cannot be saved. Operation is ended’ selalu muncul tulisan itu kalo mau nyimpen

    1. Pastikan letak kartu SIM-nya sesuai yang ada di petunjuk gamabr tempat SIM. Biasanya hanya kesalahan kebalik kartu SIM-nya saja.

      1. Saya sudah lakujan 6 kangkah tsb & berhasil. Pertama pake 3 bisa, trus ganti simpati bisa, trus balik 3 bisa, ini mau ke simpati gak mau muncul 3g/4g nya. Knapa ya?
        Ada yg bisa Bantu?.. trims semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.