Cara Mudah Setting Huawei HG8245A Menjadi Access Point

Posted on

ArchiMateriali.com – Holla sobat Archi dimanapun berada. Sudah bersyukurkah hari ini sob? Semoga sudah ya sobat. Kali ini saya akan membahas tentang cara mudah setting Huawei HG8245A menjadi access point. Sobat Archi yang pernah memakai speedy atau indihome pasti tahu dan kenal router Huawei tersebut. Daripada tidak terpakai dan kebetulan juga sedang ada permasalahan di internet kantor.

MyRepublic Batasi 16 Perangkat

Jadi ceritanya begini, internet kantor menggunakan provider MyRepublic. Dikarenakan adanya penggabungan dua kantor yang dahulunya terpisah menjadi satu. Mau tidak mau pengguna internet kantor semakin bertambah. Dan jumlah perangkat yang tersambung ke internet lebih dari 16 perangkat. Padahal MyRepublic membatasi hanya 16 perangkat yang tersambung. Eng ing eng……

Sudah saya coba membuat SSID yang baru dengan menggunakan Virtual Access Point tetapi hasilnya sama saja. Ketika tersambung ke SSID yang baru (virtual access point) tidak bisa tersambung internetnya. Tetapi SSID awal sudah maksimal perangkatnya. Saya coba telepon ke customer service MyRepublic juga tidak ada perubahan. Katanya malahan tidak mudeng dengan apa itu Virtual Access Point. WTF

Setelah mencari pelbagai cara, akhirnya dapat juga. Menemukan tutorial memanfaatkan modem ONT Huawei HG8245A menjadi access point. Konon katanya ONT Huawei bekas Indihome ini memiliki kualitas jangkauan yang baik dan bagus. Lantas bagaimanakah caranya mengubah Huawei bekas ini menjadi access point? Cekidot…

Huawei HG8245A Menjadi Access Point

Hal pertama yang harus sobat Archi siapkan terlebih dahulu adalah sebagai berikut :

  • Modem ONT Huawei HG8245A
  • Kabel LAN
  • Jarum pentul

Baiklah, mari kita lanjutkan ke langkah demi langkahnya.

1.Pertama yang harus sobat lakukan adalah menyalakan modem ONT Huawei HG8245A tersebut. Kemudian sambungkan modem ONT Huawei ini via kabel LAN ke router utama sobat Archi.

2. Lakukan reset di modem ONT Huawei HG8245A terlebih dahulu. Caranya dengan memasukkan jarum pentul ke lubang reset yang berada di sebelah samping. Tahan kurang lebih 1 menit.

2. Jika langkah pertama sudah berhasil kita lakukan. Cek di laptop/komputer sobat Archi, nama jaringan SSID Huawei tersebut akan berubah menjadi Huawei-B4nC. Sobat sambungkan laptop/komputer sobat ke SSID tersebut. Untuk mengetahui passwordnya sobat bisa melihatnya di balik modem ONT Huawei tersebut.

Baca Juga :  Cara Mudah Mencari Keyword Dengan Keyword Finder

3. Ketika sudah tersambung buka peramban sobat kemudian ketika 192.168.100.1 untuk masuk ke pengaturan modem ONT Huawei.

Untuk username password sobat bisa menggunakan di bawah ini

[infobox style=”alert-info”]Username : Support

Password : theworldinyourhand[/infobox]

4. Setleh berhasil masuk, hal pertama yang saya lakukan adalah mengatur nama SSID dan password yang nantinya digunakan. Pilih tab WLAN kemudian pilih yang WLAN Basic Configuration. Sobat bisa mengganti nama dan passwordnya sesuai kebutuhan. Kemudian pilih Apply.

Setelah berhasil terganti, sobat Archi harus menyambungkan sekali lagi dikarena nama jaringannya berubah. Lakukan langkah ke 3 sekali lagi.

5. Pilih tab LAN, pada bagian LAN Port Work Mode lalu centang keempat port LAN yang ada. Lantas pilih Apply.

6. Kemudian pilih bagian DHCP Server Configuration, hilangkan centang/ceklis pada Enable Primary DHCP Server dan Enable DHCP Relay. Dan sekali lagi klik Apply.

7. Langkah terakhir pilih tab WAN lantas pilih tombol New. Kemudian sobat atur konfigurasinya seperti gambar di bawah ini:

[infobox style=”alert-info”]Enable WAN : Centang untuk mengaktifkan
Encapsulation Mode : Pilih IPoE
Protocol Type : Pilih IPv4
WAN Mode : Bridge WAN
Service Type : OTHER
Enable VLAN : Hilangkan centang/ceklis karena tidak ada VLAN ID yang dilewatkan
Binding Options : Centang port yang ingin dibinding dan SSID1 agar berada dalam satu network[/infobox]

Jika sudah sesuai konfigurasinya sobat pilih tombol Apply.

Pengaturan Selesai

Sampai di sini pengaturan sudah selesai dan seharusnya laptop atau komputer yang sobat gunakan untuk mengaturnya bisa digunakan untuk berselancar. Atau sobat Archi bisa juga mencoba perangkat yang lain untuk terhubung ke jaringan SSID yang barusan kita atur di modem ONT Huawei HG8245A.

Gimana sobat? Mudah bukan? Oh iya, jika sobat Archi ada yang masih kebingungan atau belum paham bisa melihat tutorial videonya di bawah ini. Saya mengambil dari salah satu channel di youtube, hehehe.

[youtube width=”100%” height=”300″ src=”QSO5fx4A8tw”][/youtube]

Sekian ya sobat, semoga artikel tentang cara mudah setting modem ONT Huawei HG8245A menjadi Access Point bisa bermanfaat dan berguna untuk sobat semua. Terima kasih

Baca Juga :  Download MacOs High Sierra Full Offline Installer

Salam Bahagia.

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.