Cara Mudah Translate Subtitle Film Bahasa Inggris Online

Posted on

Mohon maaf sudah tidak bisa digunakan kembali!!

Archi Materiali – Selamat malam sobat Archi, saya berharap selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Aamiin. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara gampang translate atau menerjemahkan subtitle film bahasa Inggris (English) via online. Saya yakin sobat Archi semua pernah yang namanya menonton film unduhan. Bisa dikarenakan sudah lewat tayang di bisokop atau karena memang “tidak sempat” menontonnya di bioskop. Tidak sempat di sini biasanya dikarena faktor dompet, hahaha (saya banget). Ketika kita mengunduh sebuah film yang sedang tayang atau film yang jadul sekali. Faktor utama yang menjadi kendala adalah masalah subtitle. Entah itu ndilalah kok ya substitle yang ada masih subtitle english atau subtitle bahasa Inggris atau kalau apes belum ada subtitle satu pun.

Lha kalau nontonya film ‘biru’ atau ikeh ikeh kimochi sih persetan apa yang namanya subtitle. Lha wong saya (mungkin juga sobat Archi, hehe) menontonnya pakai bahasa kalbu. Tanpa subtitle pun kita tetap bisa mengikuti jalan ceritanya. Semoga saja tidak ya, sob, hahaha,

Menonton sebuah film tanpa adanya subtitle, baik itu subtitle english atau syukur-syukur sudah ada subtitle bahasa Indonesianya. Itu ibarat makan tanpa garam, haisyaaahhh. Kayak ada yang hambar gitu. Hambar bagi saya dan orang-orang yang babar blas dengan namanya bahasa Inggris. Tetapi untuk mereka yang sejak bayi sudah bisa cas cis cus bahasa Ratu Elisabeth ini tentu bukan sebuah kendala. Dan di sini kita harus berterima kasih kepada para subber-subber yang dengan sukarela menerjemahkan subtitle film-film dengan gratis.

Ah mas, menerjemahkan subtitle english ke bahasa Indonesia kan gampang? Wong cuma nempelin kalimat doang ke notepad. Kalau ada yang bilang seperti itu ingin sekali rasanya sleding kepalanya satu-satu.

Sobat Archi yang dirahmati Allah. Kegiatan atau pekerjaan menerjemahkan itu tidak semudah apa yang kita pikirkan lho! Yakin. Butuh yang namanya passion dan kesenangan di dalamnya. Saya pernah sekali waktu mencoba translate subtitle film Thailand – kebetulan belum ada subtitle bahasa Indonesianya – ekspektasi saya yang awalnya pernah menganggap menerjemahkan itu gampang. Langsung menguap entah kemana. Lihat ratusan baris saja saya sudah sambat (Ya Allah kapan selesainya coba). Apalagi subtitle film-film Hollywood yang bahkan sampai ribuan baris untuk diterjemahkan.

Baca Juga :  Cara Mudah Setting LTE/4G Fujitsu Arrows NX F-04G

Penerjemah Legendaris

Sekali lagi kita harus berterimah kasih kepada Pein Akatsuki, Lebah Ganteng, Xplanet, Sang Pengeran, totoro, dan masih banyak lagi lainnya (ketahuan kalo pengunduh film). Mereka rela meluangkan beberapa hari untuk menerjemahkan subtitle english sebuah film tanpa dibayar. Meski ada beberapa yang membuka jasa translate subtitle dengan biaya tertentu.

Tetapi tenang sobat Archi, di sini saya akan memberikan cara mudah dan gampang jikandilalah  ada film yang ngebet sekali sobat ingin tonton tetapi subtitle yang ada masih bahasa Inggris via online. Ya meskipun untuk kesempurnaan terjemahannya, ya, jangan berharap layaknya kalian melihat terjemahan-terjemahan para subber di atas. Namanya juga layanan gratisan. Yuk kita bahas tips tersebut. Saya tekan di sini, ini hanya tips alternatif jika dalam keadaan darurat mengharuskan menonton film.

Langkah 1

Pastikan sobat Archi sudah punya subtitle english dari film yang akan kita translate atau terjemahkan. Untuk mencari subtitle tersebut biasanya bisa dicari di Subscene.

Langkah 2

Pastikan bahwa subtitle tersebut sesuai dengan kualitas film yang sobat miliki. Biasanya mulai dari HDCAM, HDTS, DVDRip, WEB-DL, BBRip atau Bluray. Sedangkan untuk series biasanya HDTV atau WEBRip.

Langkah 3

Ekstrak subtitle yang sebelumnya sudah kita unduh atau download. Kemudian kita buka SubTranslate. Tampilan websitenya seperti di bawah ini.

Otomatis pilihannya adalah standard. Sedangkan untuk versi premium sobat harus membayar sebesar 2.50 EUR lewat paypal. Atau kalau dirupiahkan kurang lebih sebesar Rp 41.600,-

Langkah 4

Untuk Translate FROM language kita pilih English. Atau semisal sobat Archi mendapatkan subtitle selain bahasa Inggris sobat sesuaikan bahasanya. Di sini saya pilih English karena subtitlenya memang bahasa Inggris.

Langkah 5

Untuk Translate TO language kita pilih bahasa tercinta kita, yaitu Bahasa Indonesia.

Langkah 6

Di bagian Your subtitle file (SRT/SUB file ONLY), sobat upload subtitle film yang akan kita translate atau terjemahkan. Klik choose file kemudian pilih dimana kita ekstrak subtitle tadi.

Untuk file subtitlenya hanya mendukung file SRT/SUB. Belum bisa jika kita hendak menerjemahkan subtitle jenis ASS.

Baca Juga :  Cara Mudah Verifikasi Paypal dengan VCN BNI

Langkah 7

Centang form captcha untuk mengidentifikasi bahwa yang memakai bukanlah bot atau robot. Jika sudah semua tinggal klik tombol Translate.

Langkah 8

Tunggu proses translate atau menerjemahkannya selesai. Akan terbuka tab baru. Di sini kita harus sabar dan bertawakal, serahkan semuanya kepada Allah SWT (opo hubungannya coba?).

Langkah 9

Tunggu prosesnya sampai 100%. Sekali lagi, kita harus belajar bersabar ya sob.

Langkah 10

Jika sudah selesai proses translate subtitle english atau subtitle bahasa Inggrisnya ke bahasa Indonesia. Sobat Archi tinggal klik tombol download.

Gimana? Mudah bukan sobat Archi?

Ketika dicoba untuk menonton sebuah film atau series tetap enak dibaca subtitlenya. Meski di beberapa baris subtitle tersebut masih agak terasa kaku kalimatnya. Well, setidaknya kita bisa mengikuti jalan cerita film atau series tersebut. Daripada ketika menonton kita menebak-nebak jalan ceritanya, hahaha. Kalau film ikeh ikeh kimochi semua tahu ending atau jalan ceritanya gimana. Ujung-ujungnya ya…..tahu sendirilah, heuheuheu.

[icon type=”glyphicon glyphicon-bullhorn” color=”#474747″ size=”18px”][/icon] Baca JugaCara Mudah Menyingkronkan Subtitle Film

Yak, mungkin segitu dahulu tips bagaimana Cara Mudah Translate Subtitle Film Bahasa Inggris via Online dengan menggunakan SubTranslate. Semoga bisa membantu sobat Archi dimanapun berada. Mari budayakan menghargai karya orang lain termasuk para subber yang sudah rela membagikan hasil terjemahannya secara gratis.

Jika penjelasan panjang dikali lebar saya di atas masih membuat sobat Archi bingung tujuh keliling lingkaran (apaan sih). Tenang sob, saya sertakan video tutorial cara mudah translate atau terjemahkan subtitle film bahasa English via online gratis di bawah ini kok (via Modo Gadget).

Semoga bermanfaat! Selamat menonton film.

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

One thought on “Cara Mudah Translate Subtitle Film Bahasa Inggris Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.