Cara Mudah Update Whatsapp Error di Andromax Prime

Posted on

Archi Materiali – Selamat sore sobat Archi. Semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Aamiin. Kali ini saya akan membahas cara gampang memperbaharui whatsapp error di Andromax Prime. Saya yakin sobat Archi sudah tahu Smartfren Prime. Feature phone keluaran Smartfren yang dibekali fitur 4G. Dan tentu dengan harga yang terjangkau. Kalau tidak salah 350 ribuan.

Jadi ceritanya hape kantor ketika mau buka whatsapp kok malah muncul pemberitahuan kadaluarsa. Diharuskan download di playstore.

Whatsapp Andromax Prime Error?

Saya pun heran? Download di playstore? Lha wong hapenya saja bukan android. Kok ya diminta download di playstore. Aneh smartfren ini, hahaha. Saya cek tanggal dan waktu hape tersebut juga sudah update. Karena jika tanggal dan waktu di hape tidak update biasanya whatsapp tidak mau dibuka. Error gitu.

Tampilan Whatsapp Error di Andromax Prime
Whatsapp Error di Andromax Prime

Setelah berjibaku beberapa saat dengan kepelikan ini, haiyaahhh. Solusi pun hadir di depan mata. Ternyata eh ternyata permasalahan kenapa whatsapp di Andromax Prime atau Andromax F17A1H disebabkan lantaran operasi sistem yang minta diupdate. Bedebah memang, feature phone kok ya minta pembaharuan sistem segala, haha.

Lantas bagaimanakah memperbaharui sistem dari Andromax Prime agar whatsapp yang tadi error bisa digunakan seperti biasa. Baiklah, kita lanjut di bawah ini.

Langkah 1

Pertama yang harus disiapkan adalah hape itu sendiri. Dan yang pastikan juga harus punya data internet. Kalau semisal tidak punya bisa nebeng wifi tetangga atau minta tethering pacar atau saudara. Pokoke kudu duwe data internet. Itu!

Langkah 2

Hal terpenting kedua yang harus disiapkan adalah mengaktifkan GPS hape Andromax Prime tersebut. Ini hukumnya wajib bin kudu. Caranya masuk ke Pengaturan kemudian pilih Lokasi. Centang atau aktifkan fitur lokasi GPSnya.

Langkah 3

Saya yakin GPSnya sudah aktif. Kemudian pilih Ekstra (letaknya di sebelah Pengaturan). Lantas pilih Pembaharuan Sistem.

Langkah 4

Kalau sudah, akan muncul tampilan Pembaharuan sistem seperti gambar di bawah ini. Klik Memeriksa versi baru. Jadi akan diperiksa apakah ada versi terbaru yang disediakan untuk andromax Prime ini.

Langkah 5

Pilih Mengunduh jika memang ditemukan sistem versi yang baru. Di sini awalnya sistem versi yang di Andromax Prime kantor adalah v3.6 dan mendapatkan update ke v4.1.

Langkah 6

Tunggu proses pengunduhan sampai selesai. Ukuran updatean hanya sebesar 25MB. Jadi saya yakin koneksi sobat Archi bisalah mengunduhnya. Kemudian jika sudah selesai mengunduh pilih pasang.

Langkah 7

Andromax Prime sobat akan restart dengan sendirinya. Dan proses pembaharuan akan berlangsung. Lumayanlah beberapa menit. Ditunggu saja ya. Wong kalian nunggu ketidakpastian saja kuat, masak nunggu beginian tidak kuat (apa hubungannya coba?)

Langkah 8

Setelah selasai semua proses di atas. Buka deh aplikasi whatsapp yang tadinya error minta pembaharuan versi, taaaaraaaaaaaaaaaaaaaa……….akhirnya bisa dibuka seperti sedia kala.

Saya juga menyarankan ketika melakukan pembaharuan sistem pastikan baterai Andromax Prime sobat penuh. Jangan sampai baterai 5-10% dipaksa untuk melakukan pembaharuan whatsapp. Yang notabene sistemnya yang harus kita perbaharui.

Semoga cerita saya di atas mengenai cara mudah memperbaiki whatsapp yang error atau bermasalah di Andromax Prime bisa bermanfaat untuk kita semua. Terutama untuk diri saya sendiri. Tetapi jika masih belum paham dan nggeh apa yang saya jabarkan. Sobat Archi bisa melihat versi videonya di bawah ini (bukan video saja lho ya)

Semoga Bermanfaat! Salam Bahagia

[icon type=”glyphicon glyphicon-bullhorn” color=”#474747″ size=”18px”][/icon] Baca Juga :  Whatsapp Andromax Prime Error Meski Sudah Pembaruan Firmware?

UPDATE 21/02/2020:

Buka whatsapp yang error, kemudian klik tulisan download atau unduh. Nanti akan diarahkan ke opera mini, kemudian instal atau pasang seperti kita memasang aplikasi android kalau sudah selesai mengunduhnya. Dan insyaAllah berhasil.

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

94 thoughts on “Cara Mudah Update Whatsapp Error di Andromax Prime

  1. WA saya di andromax q, kalau di instal pasti tidak mau hidup lagi, atau muncul sebentar lalu restart lagi begitu seterusnya, solusinya bagaimana ya ???

    1. Sudah dicoba reset ulang mas Suntono?
      Jika masih bermasalah mungkin bisa dibawa ke service center Smartfrennya.

      Terima kasih sudah mempir mas SUntono

      1. Sudah bisa brooo dari 3 jam yg lalu saya utek2 gak bisa2. Makasih ya infonya sangat membantu dan bermanfaat

  2. Jika pada saat di cek update dan respon ternyata tidak ada yg perlu di update, tetapi WA masih error? Bagaimana caranya ya Gan? Terimakasih

    1. kalau boleh tahu pakai koneksi apa mas? wifi atau data? saya sarankan sih pakai wifi. Coba direstart dahulu juga memang masih belum bisa.

  3. WA saya kadaluarsa pada hari ini (22 mei) dan pada pembaruan sistem tidak ada update. kalau seperti itu bagaimana solusinya ya?

    1. Sama persis yg saya alami kemarin sobat Wahyu. Saya cek di pembaruan kok tidak ada update. Saya buka WA lagi kemudian pilih OK. Alhamdulillah bisa lagi.

    1. Coba direstart dahulu mas andromaxnya. Saya juga sama kayak gitu kemarin. Alhamdulillah saya buka lagi pilih OK bisa lagi.

      1. wa sya versinya udh v4.6 kok masih erorya Mas? udh direset pabrik dan tdk ada pemberi tahuannya jga Kira kira gmana Ya?

        1. Bisa dicoba untuk dimundurkan tanggalnya mas Royhan. Untuk sementara itu yang berhasil sembari menunggu updatean yang akan dirilis dri pihak smartfrennya.

  4. whattapps di hp andromax sy minta di perbaharui setelah diunduh ia masih saja minta di perbaharui setelah dilakukan perbaharuan sistem, muncul tidak ada pembaharuan baru whatapps masih tetap minta unduh sudah 12 x di unduh tetap sajja tidak mau terbuka

    1. cek di pembaruan tidak ada update baru lagi ya mas nanim? persis yg saya alami kemarin kayak gitu mas. saya cek kok gak ada update. Saya buka lagi Wa nya dan alhamdulillah bisa. Koneksi saya sarankan pakai wifi

  5. Kenapa pnya saya setiap kali saya tekan pembaharuan jwbnya. ( tidak ada yang diperbarui) ya? Sedangkan wa saya sdh error

    1. Wah, ternyata banyak yg mengalami juga ya mbak Tia. Koneksinya saya sarankan pakai wifi mbak Tia. Coba buka lagi Wanya setelah andromax direstart.

        1. Bisa discreenshotkan tampilan WA nya mbak?
          Solusi terakhir coba direset ke pengaturan awal pabrik mbak.

  6. Apa memang sudah tidak ada update lgi utk softwarenya?
    Mohon bantuannya wa saya kadaluarsa, sudah cek update ga ada, restart juga sudah, sudah pakai wifi juga

    1. Untuk firmware yg terbaru saat ini v4.6 itu Mbak Ati. Kok aneh begitu ya. Punya saya kemarin juga sempat error kemudian saya cek kok gak ada update. saya buka lagi WA nya bisa itu mbak.

  7. Punya saya juga gitu mas, udah diupdate sistem nya tapi wa masih error. Tadi masih pake data.. udah download pake wifi dan restart berulang ulang gak bisa. Mohon sarannya

    1. Punya saya kemarin juga begitu mbak. Error ketika pas buka WA. Saya cek update sistem tidak ada pembaruan. Saya buka lagi bisa.
      Solusi terakhir coba direset ke pengaturan awal pabrik mbak.

    1. Ternyata banyak yg mengalami hal serupa ya. Cek pembaruan sistem tidak ada update.
      Solusi terakhir coba direset ke pengaturan awal pabrik mbak.

  8. Kang, andromax prime saya ada pembarua whats up tapi pas di cek ga ada update dalam systemnya, udah di reset pabrik tetep sama

    1. sudah direset pengaturan pabrik tetapi masih sama ya mas? untuk firmware sudah v4.6 kan mas Faizal?

      Boleh dilampirkan tampilan WA nya mas Faizal ketika minta update mas?

  9. untuk update sekarang. Kakak ganti tgl berapa aja bulan januari 2018. Nanti hpnya coba direstart. trus buka wa. Saya langsung bisa kak

    1. Alhamdulillah, jika memang sudah bisa mbak Rindi.

      Terima kasih sudah mau berbagi dengan yang lain. Akan saya masukkan di update rartikel selanjutnya.

      1. Wa andromax prime, ga bisa buat foto profil ya, ga bisa send pict dan vid, mohon solusinya?

        1. Harusnya bisa mas Yadi.Soalnya saya gunakan unuk sehari2 juga tidak ada kendala itu mas. Sudah dicoba clear cache Whatsapp belum mas Yadi?

  10. Segala macam cara di atas sudah saya coba, tapi tetap tidak bisa update WA. Akhirnya saya hubungi CS Smartfren. Jawabannya, memang saat ini andromax prime tidak bisa membuka WA, dan pihak smartfren sedang membuat update system. Jadi silakan tunggu ada update system yg baru.

    Untuk sementara, saya ubah tanggal di hp menjadi sebelum tgl 22 Mei, supaya bisa tetap membuka WA, tapi entah sampai kapan cara ini bisa berhasil.

    1. Iya mas Catur, tadi siang saya juga menghubungi pihak Smartfren. Katanya dalam 2 hari kalau tidak ada update sistem terbaru diminta untuk menghubungi pihak smartfrennya kembali. Dan kita diminta untuk mengecek pembaruan sistem untuk menambal permasalahan WA ini.

      Untuk sementara mungkin benar tips dari Mas Catur dan Mbak Rindi ubah tanggal di hape agak mundur.

  11. WhatsApp eror tapi tidak ada pembaruan system’ Lalu WhatsApp dibuka ulang dan tetap Error’.

    1. untuk sementara bisa diakali dengan dimundurkan tanggalnya ke januari 2018 mas Arif. Sembari menunggu update pembaruan sistem dari pihak Smartfrennya mas.

  12. Saya udah memeriksa versi baru. Tp yg muncul “tidak ada pembaruan baru ditemukan” . Saya udah kembali ke pengaturan pabrik tp ga bisa juga. Saya udah undur tgl dan bulan nya ke januari tetapi ga bisa juga. Saya udah unduh whatsapnya sampe 20 kali tetapi tetap gak bisa. Tolong berikan solusi nya kak. Terima kasih.

    1. Sore Mbak Devi. Kok bisa ya mbak? Padahal jika menggunakan tips tanggalnya dimundurkan ada yg bisa. Kalau boleh tahu koneksinya pakai wifi atau paket data smartfrennya mbak?

      Sudah dicoba direset pengaturan pabrik mbak? Jika sudha dicoba juga. Pilihan terkahir berharap pihak Smartfren segera merilis update sistem yg terbaru.

  13. Saya juga mengalami hal yang sama, baru coba lagi hari ini dengan cara mundurin tanggalnya. Sekarang udah bisa pake

  14. Sobat Archi bisa mencoba trik di bawah ini:
    Dihapus dulu cache whatsapp yang berjalan di menu Pengaturan->aplikasi->semua->whatsapp-> hapus data

    Trik dari salah satu sobat Archi yang bernama Ndorokakung

  15. Gan, kebetulan sistem pembaruan sudah di update, nahbarumau update w.a setelah sudah update sistem andriod, gmn gan ? ada solusi lain g /

    1. Whatsapp andromax prime updatenya ikut updatean sistem Mas Ricky.

      Untuk sementara saran dari beberapa teman unuk tanggal dimajukan 2 hari dari sekarang atau bisa juga dihapus dulu cache whatsapp yang berjalan di menu Pengaturan->aplikasi->semua->whatsapp-> hapus data. Kemudian restart andromax primenya.

  16. Ka blh minta bantuan wa yang aku ada bacaan wa versi anda sudah kadaluarsa udah kucoba ,semuanya dan di pembaruan sistem pun malah ada bacaan m tdk ada pembaruan sistem

    1. Untuk sementara saran dari beberapa teman untuk tanggal dimajukan 2 hari dari sekarang atau bisa juga dihapus dulu cache whatsapp yang berjalan di menu Pengaturan->aplikasi->semua->whatsapp-> hapus data. Kemudian restart andromax primenya.

      Sembari nunggu pihak Smartfren merilis updatean sistem yang terbaru lagi Mas Willy Andrean

  17. Mas punya saya setelah proses instal pembaharuan selalu gagal di saat proses booting muncul gambar robot/android dan ada tulisan ( KESALAHAN ) mohon solusinya ya. trimakasih

    1. Kok bisa begitu ya mas Anto? Sudah coba direset ke pengaturan pabrik mas? Sepertinya ada yg crash di sistemnya.

  18. Kok tetap gak bisa ya mas Archi,punya saya padahal pembaruan sistem nya udah baru,tanggalnya udah dimajuin juga,dipengatun>aplikasi>hapus data sudah,tapi knpa WA masih error,minta di unduh trus mas??

    1. Harusnya sih ketika sudah update ke versi 4.8 sudah tidak error lagi mas Ghani. Bisa dilampirkan screenshot WA nya mas?

  19. Dan sebelum di update ke versi terbaru udah tak kembalikan ke pengaturan pabrik mas,tpi setelah di update knpa masih gak bisa ya mas Archi??mohon bantuannya🙏🏻

    1. Mas Waskito Adi, untuk pembaruan Whatsapps (WA) di Andromax Prime ini sudah include atau jadi satu di pembaruan sistem. Jadi tidak bisa update WA secara terpisah. Karena pada dasarnya sistem yang digunakan Andromax Prime ini tidak pure 100 % Android seperti smartphone Andromax lainnya. CMIIW

    1. Sama2 Mbak Heni, alhamdulillah jika memang bisa membantu.

      Terima kasih sudah mampir ya mbak

  20. Mohon maaf sebelumnya mas, saya mau tanya yang sedikit melenceng dari pembahasanya, kalau ngecas andromax nya lebih baik saat berapa persen ya mas?

    1. Saya sebenranya juga tidak punya patokan harus berapa persen idealnya ya Mas Naufal. Tetapi sepengalaman saya menggunakan ini sih ketika baterai sudah 15% biasanya ada indikator pemberitahuan baterai lemah untuk dicas. Walau terkadang sampai hape mati baru saya cas, hehehe.

      Mungkin itu sih mas, sebenarnya di salam hape sendiri sudah diberi indikator kapan harus dicas. Terima kasih sudah mampir mas Naufal. Salam Bahagia

  21. Maaf mau tanya agak melenceng dr pembahasan. Apa di andromax prime ini ada fitur add google account? Apa bisa diinstall apk sendiri scr manual?

    1. Setahu saya sih tidak ada Mbak Lina. Karena pada dasarnya andromax prime bukan android pure layaknya andromax2 lainnya. Dia lebih ke feature phone yang memiliki kelebihan jaringan 4G dan bisa untuk Whatsapp.

      Untuk instal apk dia tidak bisa, tidak support Mbak Lina.
      Terima kasih menyempatkan berkomentar. Salam Bahagia

  22. maaf pak archi mau bertanya hp andomax prime sya gbisa pasang pembaruan. setelah download seleai lalu kelik pasang. yg muncul tulisan kesahan.. hp saya jd ga berguna. trimaksih sblumnya

    1. Kok bisa begitu ya Mas Miftah. Saran saya sih mending dibawa ke Smartfren Center saja mas. Bilang kalau gagal pembaharuan sistem.

  23. Mau tnya min. Kenapa ya andromax prime saya tidak bisa memasang pembaruan sistem. Pas udah dwonload frimware ketika di pasang eh gabisa ada tulisan keaalahan. Masalahnya apa ya.?
    Terus kenapa ketika hp di nyalakan ada pemberitahuan andromax prime ini sudah di root. Yang jdi bingung saya gatau cara root andtomax eeeh ini ko tiba-tiba ada pemberitahuan sudah di root. Hp andrimax prime saya jdi tidk berguna WA erorr buka video erorr swlalu muncul tulisan. Sayangnya sistem sudah berhenti.
    Tolonglah kepada mimin dan yang tau masalah ini.
    Termakasih

  24. Ditambahin dong mas kalo pembaruan sistemnya ada d Ekstra jadi langsung ketemu n gak bingung lagi soalnya pusing juga nyarinya🤔

  25. Mbak maaf, ini kok pas saya pencet pasang, trs kan muncul tulisan sedang membuka paket,jangan dicela. Itu lama bgt ya drtd..

    1. Pastikan daya baterianya di atas 50% Mbak Nacha. Ditunggu saja, soalnya nanti kalau dihentikan di tengah proses takutnya nanti error. atau ciba sambil diches untuk mengantisipasi kehabisan daya baterai

  26. Ass. Kak gini mau tanya andromax prime aku ngk bisa update wa ny sudah brapa kali ngk bsa. Udh setel pabrik udh direstart ulang tetep aja. Waktu masuk pembaruan selalu koneksi jaringan gagal sedang kan sinyal kuat wifh udh coba tetep ngk bisa gmna kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.