Cara Mudah Verifikasi Google Search Console

Posted on

ArchiMateriali.com – Holla sobat Archi dimanapun berada. Sudah bersyukurkah kita hari ini? Saya berharap sudah ya sobat. Oh iya, sebelumnya saya mohon maaf jika sudah lama sekali tidak menulis lagi di sini. Dikarenakan satu dan lain hal kesibukan di dunia nyata, hehe (alesan). Baiklah. Kali ini saya akan membahas tentang cara mudah verifikasi Google Search Console. Jika sobat Archi lebih familiar Webmaster Tools, ini adalah versi terbarunya.

Lantas apa sih Google Search Console itu? Mengapa kita harus repot-repot memverifikasikan website atau blog kita ke sana?

Tentang Google Search Console

Saya mengutip langsung dari laman Google mengenai pengertian Google Search Console.

[infobox style=”alert-info”]Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah keberadaan situs Anda di hasil Google Penelusuran. Anda tidak harus mendaftar ke Search Console agar situs Anda dicantumkan di hasil Google Penelusuran, namun Search Console dapat membantu Anda memahami dan meningkatkan cara Google melihat situs Anda.

Search Console menawarkan fitur dan laporan untuk tindakan berikut:

  • Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs Anda.
  • Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui.
  • Melihat data traffic Google Penelusuran untuk situs Anda: seberapa sering situs Anda muncul di Google Penelusuran, kueri penelusuran mana yang memunculkan situs Anda, seberapa sering penelusur mengklik untuk kueri tersebut, dan banyak lagi.
  • Menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya di situs Anda.
  • Menampilkan situs mana saja yang menaut ke situs Anda.
  • Memecahkan masalah terkait AMP, kegunaan seluler, dan fitur Penelusuran lainnya.[/infobox]

Atau jika disederhanakan menurut pengertian guru saya, Google Search Console adalah fasilitas yang disediakan Google untuk pemilik website yang berisi data tentang website Anda.

Verifikasi Google Search Console

Saya yakin sobat Archi sudah tidak asing dengan Webmaster Tools, jika iya. Pasti juga tidak asing dengan Google Search Console. Di bagian ini kita akan membahas bagaimana cara mudah verifikasi blog atau website kita ke Google Search Console. Di sini saya akan membagi menjadi 2 cara.

  1. Verifikasi Blog Yang Menggunakan Shared Hosting (cpanel)
  2. Verifikasi Blog Yang Menggunakan Dedicated Server

Baik, mari kita bahas satu per satu ya sobat.

Baca Juga :  Cara Mudah Instal Driver & ADB Redmi S2

Verifikasi Blog Yang Menggunakan Shared Hosting (cpanel)

Verifikasi kali ini sering dipakai oleh mereka yang menggunakan Shared Hosting (cpanel) atau kebanyakan yang menggunakan hosting-hosting lokalan. Seperti Jagoanhosting, Niagahoster, dan masih banyak lagi. Kebetulan di sini saya juga menggunakan hosting jenis ini.

1.Hal pertama yang harus sobat lakukan adalah membuka tautan https://search.google.com/search-console?hl=en. Setelah terbuka akan muncul jendela tampilan Google Search Console.

2. Ketikkan nama domain yang akan sobat daftarkan ke Google Search Console. Sebagai contoh di sini saya mendaftarkan domain dwiandriyatmo.com

3. Jika sudah klik tombol Continue. Dan tunggu prosesnya sampai selesai.

4. Akan muncul jendela verify domain ownership via DNS record, klik tombol copy untuk menyalin kode yang diberikan. Halaman ini jangan ditutup dahulu.

5. Selanjutnya kita masuk ke halaman cpanel hosting sobat masing-masing. Kemudian pilih Zone Editor.

6. Akan muncul nama domain-domain sobat. Pilih Manage nama domain yang kita daftarkan sebelumnya.

 

7. Di jendela Manage Zone seperti di bawah ini, klik tombol biru Add Record untuk menambahkan record baru.

8. Di bagian name isikan nama domain.com, sebagai contoh di sini saya mengisikan dwiandriyatmo.com. Bagian TTL kosongkan saja sesuai angka tersebut, karena sudah bawaan dari hosting. Untuk type sobat pilih TXT. Dan bagian Record tempelkan kode yang kita dapatkan di langkah nomor 4 tadi. Jika sudah benar, tinggal klik tombol add record.

9. Jika semua sudah benar akan muncul pemberitahuan sukses dan berhasil seperti gambar di bawah ini.

10. Kembali ke halaman Google Search Console lagi ya sobat, sekarang kita klik tombol verify.

11. Dan sekali lagi jika berhasil dan sukses akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini.

Selamat, sampai di sini domain blog sobat sudah terdaftar dan terverifikasi di Google Search Console. Jika sobat ada yang masih kebingungan akan langkah-langkah di atas bisa melihat versi videonya di bawah ini :

Untuk verifikasi bagi mereka yang menggunakan Shared Hosting (cpanel) sudah selesai ya sobat. Kita lanjut ke bagi mereka yang menggunakan dedicated server.

Verifikasi Blog Yang Menggunakan Dedicated Server

Bagi sobat yang menggunakan Dedicated Server biasanya menggunakan bantuan pihak ketiga yaitu Cloudflare.com untuk mendapatkan nameserver. Di sini kita memverifikasi Google Search Consolenya di Cloudflare tersebut. Mari kita bahas satu per satu ya sobat. Sebenarnya di beberapa langkah masih sama seperti langkah sebelumnya.

Baca Juga :  Solusi Instal Driver VGA Asus K45DR Selalu BSOD?

1.Masih sama seperti langkah 1 sebelumnya di atas yaitu membuka tautan https://search.google.com/search-console?hl=en. Setelah terbuka akan muncul jendela tampilan Google Search Console.

2. Ketikkan nama domain yang akan sobat daftarkan ke Google Search Console. Jika sudah klik tombol Continue. Dan tunggu prosesnya sampai selesai.

3. Akan muncul jendela verify domain ownership via DNS record, klik tombol copy untuk menyalin kode yang diberikan. Halaman ini jangan ditutup dahulu.

4. Kemudian masuk ke cloudflare. Masuk di domain masing-masing, kemudian klik DNS dan buat record baru. Type pilih TXT. Masukkan nama domain. Tempelkan file TXT Record di langkah 4 di atas yang sudah kita salin sebelumnya. Selanjutnya Add Record.

5. Jika sudah selesai kembali ke halaman google search console kemudian klik tombol verify.

6. Dan sekali lagi jika berhasil dan sukses akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini.

Selamat, sobat sudah berhasil mendaftarkan dan memverifikasi domain di Google Search Console. Bagaimana sobat? Mudah bukan caranya?

Jika sobat masih bingung, bisa bertanya melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga materi sederhana ini bisa bermanfaat dan berguna untuk semuanya. Dan saya akhiri pembahasan kali ini dengan Jangan Lupa Bahagia. Merdeka!

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.