Debit BNI GPN Tidak Bisa Buat VCN

Posted on

ArchiMateriali.com – Holla sobat Archi dimanapun berada. Sudah bersyukurkan kita hari ini? Saya berharap sobat Archi semua bersyukur atas apa yang Allah kasih hari ini. Aamiin. Kalau kemarin saya membahas cara mudah verifikasi akun paypal menggunakan VCN BNI. Kali ini tema yang akan saya bawakan masih seputaran VCN BNI. Aapakah itu? Mari kita bahas.

Jadi ceritanya kemarin hendak membuat VCN BNI melalui mobile banking. Karena memang untuk membuat VCN BNI ini hanya bisa dilakukan di sms banking atau mobile banking. Internet banking tidak bisa. Adapun keperluannya tentu untuk memverifikasi akun paypal saya.

VCN BNI Error

Saya coba membuat dengan nominal 30.000. Dan taaraaaaa malahan muncul error “1045””Harap hubungi customer service BNI”. Ladalah, ada apa ini?

Padahal sebelum-sebelumnya juga bisa dan berhasil untuk membuat VCN BNI ini. Saya coba muat ulang hape siapa tahu bisa. Tetapi hasilnya juga sama saja. Gagal. Pemberitahuan kesalahan muncul lagi. Bedebah.

Saya coba sesuai instruksi kesalahan yaitu menghubungi CS BNI di nomor 1500046. Oh iya sobat, jika hendak menelpon pihak CS BNI sertaka kode area daerah masing-masing di depan nomor di atas. Karena jika tidak dikasih kode area, tidak akan bakalan terhubung.

Saya jelaskanlah bahwasanya permasalahan saya tidak bisa membuat VCN melalui mobile banking BNI. Si Mbak CS malah menyarankan untuk langsung datang ke kantor BNI terdekat. Alamak, saya kira bisa dibantu melalui panggilan telpon saja. Ternyata tidak.

Debit BNI GPN

Keesokan harinya mau tidak mau harus ke kantor bank BNI terdekat. Selain untuk mengaktifkan internet banking juga. Akhirnya diterima Mbak CS lumayan cantik. Karena dari wajahnya sudah bersuami sih, hahaha. Jadi ya saya kasih penilaian lumayan.

“Mbak saya kok tidak bisa membuat VCN BNI ya? Padahal sebelum-sebelumnya juga bisa. Lancar tidak ada masalah.”

“Bisa lihat pemberitahuan kesalahannya Pak?”

“Boleh Mbak, ini pemberitahuan yang muncul.”

“Oh ini Pak, mohon maaf ya Pak Archi kesalahan ini dikarenakan kartu debit BNI bapak sudah pakai yang GPN. Jadi tidak bisa digunakan untuk membuat VCN BNI. Harus ganti kartu yang ada logo Visa dan Matercardnya bapak.”

Eh ing eng, oh iya lupa. Jadi beberapa bulan yang lalu kartu debit BNI saya rusak. Entah disebabkan karena apa. Akhirnya saya ke kantor bank BNI terdekat untuk membuat kartu baru. Dan akhirnya dikasihlah kartu debit BNI dengan lambang GPN (Garda Pembayaran Nasional) ini. Sudah tidak menggunakan Visa atau Mastercard.

Baca Juga :  Cara Mudah Verifikasi Paypal dengan VCN BNI

Bedanya Debit GPN dengan Visa/Matercard

Jika sobat Archi ada yang pernah mendengar atau membaca berita bahwasanya pemerintah sedang menggodok sebuah wadah untuk pembayaran nasional yang diberi nama GPN. Ya inilah salah satu buktinya. Pemerintah sedikit demi sedikit mengganti Visa dan Mastercard dengan GPN ini. Lantas apa sih perbedaannya?

Kartu Debit BNI GPN

Sedangkan kartu Debit BNI yang lama seperti gamabr di bawah ini. Masih menggunakan Mastercard atau ada juga yang menggunakan VISA.

Kartu Debt BNI yang lama | Gambar : www.kokogiovanni.com

Sepengatahuan saya setelah melihat video penjelasn apa itu GPN (sobat bisa melihatnya di bawah), bagi pengguna kartu yang ada logo Visa/Mastercardnya. Setiap kali kalian bertransaksi berapapun itu nominalnya alurnya harus melalui ke Visa/Mastercard yang ada di luar negeri sono. Jadi secara tidak langsung kita membayar jasa ke Visa/Mastercard. Hal inilah yang ingin pemerintah alihkan, daripada harus membayar ke luar negeri kenapa tidak untuk dalam negeri saja. Maka lahirnya GPN ini.

Untuk lebih jelasnya sobat bisa melihat video di bawah ini langsung dari Bank Indonesia Channel:

Saya cantumkan juga dari CNN Channel:

Gimana sobat Archi? Sudah paham kan perbedaan kartu berlogo GPN dengan berlogo Visa/mastercard. Memang sih ada kekurangan dari GPN ini, yaitu tidak bisa digunakan jika nanti sobat berada di luar negeri. Atau contoh kasusnya yang saya alami di atas. Tidak bisa membuat VCN BNI yang bisa digunakan untuk pengganti kartu kredit.

Tapi apapun itu, kita sebagai warga negara Indonesia ya wajib kudu mendukung kebijakan pemerintahan. Karena kita yang bisa menyukseskan program tersebut berhasil atau tidak. Ini bukan membicarakan ranah politik lho ya, haha.

Sekian sobat Archi, curhatan saya kali ini. Semoga bisa menambah pengetahuan baru dan syukur-syukur bsia bermanfaat untuk semuanya.

Salam bahagia

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

10 thoughts on “Debit BNI GPN Tidak Bisa Buat VCN

    1. Sepertinya kok tidak bisa ya Mas Christian. Soalnya dari sananya sudah produksi yang GPN. Tadi mungkin bisa dicoba dulu.

  1. Mohon updatenya mas, berarti sudah fix mas sampai hari ini 27 April 2019, kartu GPN BNI Syariah gak bisa request VCN ya? Kalau gak bisa, saya gak jadi ganti ke GPN. Padahal kalau bisa enak tuh karena limit tariknya meningkat kalau GPN 10jt per hari, kalau Mastercard BNI Syariah cuman 5jt per hari. Mohon dibalas, terimakasih.

    1. Kalau sudah pakai kartu yang GPN memang sudah tidak bisa request VCN kok Mas Daud. Karena VCN syaratnya harus kartunya masih yang ada logo MasterCard atau Visa-nya. Terima kasih tambahannya mas.

      Salam Bahagia

    1. Kok bisa ya mas, apakah ada perubahan peraturan baru dari BNI-nya kah? Oh iya dengar-dengar BRI juga akan membuat layanan VCN yang serupa. Kita tunggu saja sih.

      1. Sejak 2018, selain BNI Debit Online Virtual Card Number, BNI Debit Card sudah bisa dipakai pada nomor aslinya untuk transaksi e-commerce dengan sistem MasterCard SecureCode 3D Secure, saya sudah buktikan setelah mengganti debit card saya yang edisi khusus CHELSEA FOOTBALL CLUB dengan Platinum Debit MasterCard Batik.

  2. BNI saya bisa kok request VCN lewat Mbanking dan sukses, tapi ketika digunakan untuk pembelian game atau mengisi saldo STEAM tidak bisa. apakah sekarang memang tidak bisa lagi digunakan ya Kak?

    1. Kartu BNI-nya masih yang VISA atau Mastercard Mas Rico? Saya tidak bisa membantu menjawab dengan benar dikarenakan akrtu BNI saya pun sudah berubah menjadi GPN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.