Memperbaiki Layar Lenovo Kedip-Kedip di Windows 10

Posted on

Archi Materiali – Holla sobat Archi dimanapun berada. Sudah berbahagiakah hari ini? Ingat sobat, dengan bahagia secara tidak langsung menambah daya imun tubuh kita. Dan semoga sobat semua dihindarkan dari wabah pandemi ini. Aamiin.

Jadi ceritanya kemarin habis instal ulang Lenovo Ideapad 330 dengan Windows 10. Lancar tidak ada kendala apapun. Sampai suatu ketika ketika laptop bangun dari posisi sleep atau lock screen, tiba-tiba layar berkedip-kedip. Dan kadang juga layar blank abu-abu kayak ada semutnya. Padahal ketika pas booting pertama kali tidak ada masalah. Layar normal dan baik-baik saja. Perkiraan awal, tidak mungkin layarnya yang kena.

Layar Berkedip Setelah Update Windows 10

Saat itu, solusi yang saya gunakan menutup kembali layar laptop ke posisi sleep. Kemudian membukanya kembali sampai normal. Berulang kali buka tutup. Wah, gak bisa terus-terusan begini nih. Solusi terakhir biasanya saya matikan secara paksa. Jangan ditiru ya sobat, ini bisa merusak hardisk laptop.

Akhirnya, cari info-info diminta untuk menghilangkan centang di taks manager. Saya coba siapa tahu berhasil. Laptop saya restart dan coba kembali dalam posisi sleep atau lock screen. Lagi-lagi masih sama. Layar masih berkedip-kedip. Gagal.

UPDATE DRIVER VGA

Akhirnya mencoba solusi alternatif yang kedua yaitu UPDATE DRIVER VGA. Lenovo Ideapad 330 yang saya gunakan ini menggunakan prosesor AMD dan VGA-nya ATI RADEON. Berselancarlah mencari perangkat untuk mengecek ketersediaan pembaharuan dari driver VGA laptop ini. Jika VGA sobat NVIDIA atau bawaan Intel bisa mencoba juga mengunduh aplikasi di bawah:

AMD Auto Detect

NVIDIA Auto Detect

INTEL Auto Detect

Kesimpulan

Dan, alhamdulillah setelah memasang dan menggunakan aplikasi di atas. Disarankan untuk memasang driver VGA yang lebih terbaru. Setelah dilaksanakan sesuai rekomendasi aplikasi. Taaraaaa…..layar kedip-kedipnya sudah sembuh. Sehabis posisi sleep atau lock screen sudah normal.

Jika sobat Archi juga mengalami hal yang sama mungkin bisa dicoba untuk memperbaharui driver VGA laptop yang digunakan. Entah itu menggunakan ATI Radeon, Nvidia ataupun Intel. Karena bisa jadi ketika windows 10 diperbaharui juga ada ketidakcocokan dengan driver yang sebelumnya.

Baca Juga :  Download MacOS Catalina 10.15.3 ISO Google Drive

Jadi, selamat mencoba! Jangan lupa bahagia!

 

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.