Mengatasi CorelDraw X8 Tidak Bisa Save, Export dan Print

Posted on

Archi Materiali – Selamat malam sobat Archi dimanapun kalian berada. Sudah dua hari ini saya tidak mengisi blog ini dikarenakan kesibukan di real yang cukup menyita waktu, haissshh. Siapakah yang tidak kenal dengan software Corel Draw? Salah satu software yang menjadi pilihan oleh para desainer dalam berkarya. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi CorelDraw X8 yang tidak ada muncul menu save, export dan print-nya. Emang bisa muncul seperti itu mas? Bisa kok, makanya jadi judul artikel kali ini, haha.

Bagi yang memakai CorelDraw X8 bajakan, pasti akan menemui kondisi dimana menu save, export dan print tidak muncul atau tidak ada. Kenapa bisa seperti itu? Ya karena sistem pengamanan di versi X8 berbeda dengan versi-versi sebelumnya. Kalau di versi X7 atau versi 17 untuk registrasi melewati 2 kali proses. Yaitu serial number dan kode aktivasi. Sedangkan di versi X8 hanya memasukkan serial number dan harus daftar akun dengan email yang sudah tervalidasi.

Lantas apakah hal tersebut bisa diakali? Tentu bisa. Di sini saya tidak membenarkan yang namanya pembajakan sebuah software apa pun itu. Saya sarankan jika memang ada kelebihan rejeki tidak ada salahnya untuk membeli yang original. Ya itung-itung bantu mengembangkan para pembuat software itu sendiri.

Dalam pembahasan kali ini saya akan membaginya menjadi 2 bagian. Yang pertama, bagian uninstall software CorelDraw X8 jika memang sudah telanjur terinstal. Yang kedua, bagian instalisasi kembali dan cara mengakalinya agar menu save, export dan print bisa muncul.

Uninstall Software CorelDraw X8

Jika sobat Archi ada yang sudah telanjur memasang CorelDraw X8 dan mengalami kondisi yang sudah saya singgung di atas. Langkah paling realistis adalah melakukan pencopotan CorelDraw X8.

1. Buka folder master CorelDraw X8 sobat Archi, kemudian klik setup.Tunggu proses seperti instalasi biasa.

2. Akan muncul jendela CorelDRAW Graphic Suite X8 is currently installed. Yang arti sudah CorelDRAW X8 sudah terinstal di laptop atau komputer sobat Archi. Kita pilih Remove dan jalan lupa centang juga untuk Remove User Files. Kemudian klik Remove.

3. Tunggu proses instalasi sampai selesai. Jika sudah restart terlebih dahulu laptop atau komputer sobat.

Baca Juga :  Download MacOS High Sierra 10.13.1 Google Drive

Instalasi CorelDRAW X8

Jika kita sudah selesai menguninstal CorelDRAW X8-nya. Langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi kembali CorelDRAW Graphic Suite X8.

Langkah 1

Buka folder master CorelDraw X8 sobat Archi, kemudian klik setup.Tunggu proses seperti instalasi biasa. Pertama yang wajib dilakukan adalah non-aktifkan jaringan internet terlebih dahulu. Matikan wifi sobat Archi.

Langkah 2

Ketika sampai di jendela Choosen an installation option. Pilih Custom Installation.

Langkah 3

Hilangkan centang di bagian Allow product updates. Kemudian pilih Next.

Langkah 4

Tunggu proses instalasi sampai selesai. Hingga muncul jendela untuk memasukkan username password akun CorelDRAW X8. Pilih skip saja.

Selamat sofware CorelDRAW Graphic Suite X8 sudah terinstal kembali di komputer atau laptop sobat Archi. Lantas pakah langsung bisa digunakan? Belum. Prosesnya belum selesai. Masih ada beberapa langkah lagi yang harus dilakukan.

Langkah 5

Buka menu windows sobat Archi semua. Sebagai contoh di sini saya memakai windows 10 x64bit. Klik logo windows pojok kiri bawah. Kemudian ketik Windows Firewall, lantas enter.

Langkah 6

Akan muncul jendela Windows Firewall, pilih Advanced Settings di bagian kiri.

Langkah 7

Muncul jendela Windows Firewall and Advanced Security. Pilih Inboud Rules. Di bagian Actions pilih New Rule. Sobat Archi bisa lihat yang sudah saya kotaki merah.

Langkah 8

Pilih Program kemudian Next.

Langkah 9

Klik browse di bagian This program path.

Kemudian cari file exe dari CorelDRAW tersebut. Untuk mencarinya bisa masuk di C:\Program Files\Corel\CorelDRAW Graphics Suite X8\Programs64. Pilih Open.

Langkah 10

Pilih block the connection lantas Next.

Langkah 11

Centang semua di bagian pilihan, dan klik Next

Langkah 12

Kemudian isi nama dan deskripsi sesuai masing-masing. Sebagai contoh di sini saya mengisi namnya Corel dan deskripsinya Design. Pilih finish.

Langkah 13

Kemudian pilih Outbound Rules dan pilih di tab actions New Rule.

Langkah 14

Caranya hampir sama dengan sebelumnya yang di Inbound Rules. Lakukan hal yang sama mulai dari langkah nomor  8 sampai 12. Jaid kita harus mengeblok di inbound dan outbound rules.

Baca Juga :  4 Software Ampuh Buat Windows Bootable di Flashdisk

Langkah 15

Masuk ke folder CorelDRAW yang sudah kita instal barusan. Di alamat C:\Program Files\Corel. Pada pojok kanan atas di kolom search atau pencarian ketik “RMPCUNLR.DLL” tanpa tanda petik. Akan muncul lima file RMPCUNLR.DLL (gambar seperti di bawah)

Langkah 16

Edit dengan cara merename dua RMPCUNLR.DLL dari bawah. Ingat, di sini kita hanya mengedit file RMPCUNLR.DLL 2 dari bawah. Sedangkan 3 lainnya dibiarkan saja. Di sini saya menambahkan huruf “a” kecil di belakangnya. Jadinya RMPCUNLRa.DLL, enter saja maka akan muncul peringatan. Pilih continue saja.

Langkah 17

Buka software CorelDRAW X8-nya, kemudian lihat di tab File akan muncul menu save, save as, export dan print. Selamat sobat Archi bisa menggunakannya tanpa ada kesalahan tadi.

Proses sudah selesai sobat Archi. Bagaiman mudah bukan? Semoga penjabaran saya ini mudah dipahami dan bisa membantu sobat Archi semua.

Sekali lagi di sini saya tidak menyarankan atau membenarkan pemakaian software bajakan. Belilah serial numbernya secara resmi di laman CorelDRAW X8.

Mungkin demikian dulu, tips bagaimana mengatasi CorelDRAW Graphic Suite X8 yang tidak muncul menu save, export dan print. Atau jika penjabaran saya di atas kurang bisa dipahami, sobat Archi bisa melihat video di bawah ini:

[youtube width=”100%” height=”300″ src=”ryVytgBqzpU”][/youtube]

Semoga bermanfaat! Salam Bahagia

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

45 thoughts on “Mengatasi CorelDraw X8 Tidak Bisa Save, Export dan Print

    1. Kalau tidak berhasil coba diuninstall dulu mas Kawaki corelnya. Kemudian instal kembali dengan tips di atas. Untuk uninstall pastikan bersih bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau dari file setup corel sendiri.

  1. Sama… juga nggak berhasil buat saya, setelah trik di atas dilakukan, memang bisa di save, tapi ketika komputer restart atau shutting down lalu dibuka lagi, kembali semula… tidak bisa save

    1. Kok bisa ya Mas Elang, di laptop saya aman-aman saja ya. Coba nanti saya cari tahu kembali. Terima kasih masukannya Mas Elang

  2. Mau tanya dong, kok di saya langkah ke-3 nya gak muncul dan di langkah ke-4 gak ada pilihan skip, adanya already purchase?

    1. Untuk langkah ketiga sebenarnya bisa kita edit ketika sudah masuk ke program CorelDrawnya Mas Rizki. Nanti saya update kembali jika memang ada beberapa langkah yang hilang untuk CorelDraw yang sekarang.

  3. Kok saya gak muncul kotak dialog seperti di langkah ke-3 yah? dan di kotak dialog seperti di langkah ke-4, tidak ada piihan “skip”, adanya “already purchase”

    1. Ketika proses pemasang CorelDrawnya apakah internet dimatikan Mas Rizki? Atau bisa jadi versi CorelDraw X8 yang mas Rizki gunakan berbeda dengan yang saya pakai.

      Coba nanti saya unggah file CorelDraw yang saya pakai.

    1. Sebenarnya sih tetap pakai keygen Mbak Elisa. Hanya saja tidak bisa save, expor dan print? dikarenakan serial number yag dipake kedetek tidak valid oleh corel.
      Kalau sudah begitu ya harus diuninstall kemudian instal kembali. Baru deh kita blok akses internet ke CorelDrawnya, sehingga tidak bisa cek serial number yg digunakan.

      Mungkin begitu ya Mbak Elisa, hehehe. Maaf penjelasannya panjang

    1. Saya masih berhasil kok Mas Dimas. Sudah diuninstall coreldrawnya? Pastikan tidak tersambung ke internet sebelum memblock akses internet corelnya.

  4. Memang bisa berhasil. Punya saya malah bisa bertahan 3 hari setelah itu tidak bisa di export atau save file. Kl kendala seperti it apa ya penyebabnya.

    Mohon pencerahannya

    1. Dipasang ulang lagi corelnya Mas Wista. Atau saran saya sih mending coba pasang yang lebih tinggi Corel 2017 atau 2018.

  5. gan coba saat edit “RMPCUNLR.DLL”, klik kanan >> open file location.
    Jadi biar lebih jelas di direktori mana

  6. Terimakasih mas ….mantab, berhasil dengan mengikuti langkah tutorial ini. Tetep memasukkan SN asal, tapi gak akan di cek server via internet. Thanks alots

      1. Halo mas, terima kasih atas tutorialnya. Sy ngikutin semuanya cuma di sy kok gk ada opsi Skip nya ya? Yg ada opsi Already Purchase. Tapi abis itu sy close, trus di desktop sy muncul shortcut Continue CorelDraw X8 Installation. Kalo di klik dimintain SN tapi sy gak punya, hehe. Gimana ya mas?

  7. Alhamdulilah berhasil mas terima kasih mas toturialnya sangat membantu …semoga Allah memudahkan kita untuk berbagi kebaikan mas amin

  8. Halo min, kalau misal saya sudah buat designnya tapi ternyata ndak bisa di save solusinya bagaimana ya? Apakah file yg sudah saya kerjakan tetap ter back up?

  9. bang, punya saya udh di block connection hampir setahun mungkin, nah ini kumat lagi… kena lock lagi

    ada solusi ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.