Mengatasi Error Can’t Find Bundle Base Name di Android Studio

Posted on

Archi Materiali – Selamat malam sobat Archi dimanapun berada. Semoga selalu dalam keadaan yang menyenangkan. Beberapa hari belakang ini saya sibuk banget di real jadi untuk menulis terbengkelai. Mohon dimaafkan, hehehe. Kali ini saya akan membahas mengenai cara mengatasi error can’t find bundle base name massages.AndroidJpsBundle di Android studio 3.0.1. Kenapa perlu dibahas? Karena masalah tersebut beberapa hari ini mengganggu saya. Jadi ceritanya awal mula saya menggunakan Android Studio 2.3.3 kemudian saya perbaharui menjadi Android Studio 3.0.1.

Kemudian saya gunakan untuk reskin source code permainan seperti biasa. Tiba-tiba muncul error can’t find bundle base name massages.AndroidJpsBundle. Ada apa ini gerangan? Ketika masih di versi 2.3.3 tidak ada kendala apa pun. Ketika sedang build pun lancar tanpa error. Lha kok setelah saya naikkan versinya ke yang terbaru muncul error seperti di atas.

Penampakan Error Can't Find Bundle Base Name di Android Studio
Penampakan Error Can’t Find Bundle Base Name di Android Studio

Setelah mencari-cari informasi akhirnya solusi di atas terselesaikan juga. Masalahnya ternyata terletak di folder jps. Dan harus diganti menggunakan folder jps yang dimiliki Android Studio versi 2.3.3. Akhirnya dengan terpaksa berat harus memasang Android Studio 2.3.3 di laptop yang lain untuk mendapatkan folder jps tersebut.

Langsung saja kita bahas satu per satu langkah-langkahnya di bawah ini ya sob

Langkah 1

Sebelumnya kita harus memiliki folder jps Android Studio 2.3.3 terlebih dahulu. Sobat Archi bisa mengunduhnya di akhir artikel ini.

Langkah 2

Folder jps tersebut kita paste ke C:\Program Files\Android\Android Studio\plugins\android\lib. Saran saya sih folder jps yang lama kita backup untuk jaga-jaga nantinya dengan cara kita cut atau copy. Kemudian folder jps 2.3.3 kita paste untuk menggantikannya.

Paste folder JPS SDK 5.0.3 untuk menggantikan folder SDK sebelumnya
Paste folder JPS SDK 5.0.3 untuk menggantikan folder SDK sebelumnya

Langkah 3

Kemudian buka Android Studio 3.0.1 sobat Archi semua. Klik salah satu project yang sebelumnya mengalama kendala ketika hendak membuildnya. Coba untuk dibuild ulang.

Error Failed Load dx.jar

Jika langkah di atas kita sudah mencobanya dan ternyata masih juga mengalami kendala atau error. Salah satunya malah keluar error failde load dx.jar. Berarti ada salah satu folder satu lagi yang harus diganti. Apa itu? Yaitu folder lib yang berada di folder build tools sdk.

Baca Juga :  Cara Mudah Agar Charger Toshiba Bisa Dipakai Laptop Acer
Penampakan Error Failed Load dx.jar
Penampakan Error Failed Load dx.jar

Folder lib sdk terbaru (saat ini versi 27) harus kita ganti menggunakan folder lib sdk versi 5.0.3. Sobat Archi bisa mengunduhnya juga di bagian akhir artikel ini. Jadi tidak perlu mengunduh paket sdk versi 5.0.3.

1. Jika sobat Archi sudah mengunduhnya. Anggap saja sudah memiliki folder lib tersebut.

2. Yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuka folder yang terhidden. Caranya dengan pilih View di taksbar file explorer kemudian pilih Options. Oh iya sob, di sini saya menggunakan Windows 10. Jika sobat menggunakan windows 7 tentu letaknya berbeda.

3. Akan muncul jendela Folder Options, pilih tab View. Lantas pilih atau klik Show hidden files, folders and drives. Klik apply dan OK.

4. Copy folder lib yang sudah kita unduh barusan tersebut kemudian kita paste ke C:\Users\User Name\AppData\Local\Android\Sdk\build-tools\27.0.3. Sekali lagi untuk folder lib saya sarankan untuk dibackup terlebih dahulu sebagai jaga-jaga.

5. Jika sudah kita mengganti folder lib tersebut. Kembali ke android studio lagi. Kita coba build kembali salah satu project yang dikerjakan. InsyaAllah jika amal perbuatan kita bagus dan banyak buildnya akan lancar, hehehe.

Mungkin sekian dulu perjumpaan kita ya Sob. Semoga artikel sederhana tentang bagaimana cara mengatasi error can’t find bundle base name massages.AndroidJpsBundle di Android studio 3.0.1 dan error failed load dx.jar bisa bermanfaat untuk kita semua. Dan kegiatan reskin sobat bisa lancar tanpa masalah apapun. Aamiin.

Salam Bahagia!

Folder JPS Android Studio 2.3.3

Folder LIB SDK 5.0.3

[infobox style=”alert-danger”]UPDATE:
Salah satu kelemahan di atas adalah kita tidak bisa update Android Studio 3.1. Harus mengembalikan folder jps yang sudah kita ganti di atas dengan folder jps semula.[/infobox]

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

3 thoughts on “Mengatasi Error Can’t Find Bundle Base Name di Android Studio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.