Mengatasi Error Update Android Studio 3.1

Posted on

Archi Materiali – Selamat sore sobat Archi! Bertemu kembali dengan saya, hehehe. Mohon maaf beberapa hari ini dikarenakan kesibukan di real jadi menulis di blog ini sedikit berkurang (alesan saja!). Baik. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi error ketika mengupdate atau memperbaharui android studio ke versi 3.1. Jika sebelumnya sobat sudah membaca artikel saya sebelumnya yaitu cara mengatasi can’t find base name tentu akan mengalami hal serupa yang saya alami kemarin.

Proses update ke android studio 3.1.0 dari 3.0.1
Proses update ke android studio 3.1.0 dari 3.0.1

Ketika membuka android studio, ternyata ada pemberitahuan ada update terbaru. Dari versi 3.0.1 ke versi 3.1.0. Tentu karena saya orangnya yang baik hati dan tidak sombong langsung saya klik update. Saat sampai proses pemasangan lha kok muncul pemberitahuan kesalahan. Salah satu file di folder jps tidak asli lagi. Sudah dimodifikasi atau direkayasa. Untuk jelasnya bisa melihat gambar di bawah ini.

Muncul error file yang sudah tidak asli
Muncul error file yang sudah tidak asli

Dengan keterpaksaan tinggi berarti harus mengembalikan folder jps versi 3.0.1. Soalnya kemarin sudah diubah menggunakan folder jps versi 2.3.3. Alhamdulillah, sebelumnya sempat mencadangkan folder jps 3.0.1. Seperti yang sudah saya bilang di artikel sebelumnya. Backup atau cadangkan folder aslinya untuk jaga-jaga. Dan ternyata itu ada gunanya di saat seperti ini.

Lantas apa saja sh fitur-fitur terbaru dari android studio 3.1.0. Berikut ini saya kutip video dari website resminya. Sobat Archi bisa melihat dan menontonya sendiri ya, hehehe

Lantas bagaimanakah cara agar android studio yang sudah kita modifikasi folder jpsnya bisa diperbaharui ke versi terbaru? Langsung saja ya kita bahas satu per satu.

Langkah 1

Siapkan folder jps versi 3.0.1. Jika sobat Archi ada yang tidak sempat backup atau menyimpan, bisa mengunduh melalui tautan di akhir artikel.

Langkah 2

Copy folder jps versi 3.0.1 kemudian paste ke  C:\Program Files\Android\Android Studio\plugins\android\lib\jps.

Langkah 3

Jika sudah, tinggal perbaharui kembali android studio sobat. InsyaAllah tidak akan menemui kendala seperti di atas.

Masalah Kembali Muncul

Setelah berhasil memperbaharui android studio ke versi yang terbaru (versi 3.1.0). Saya coba untuk reskin salah satu game andalan saya. Dan ketika hendak build itu source code. Masalah di artikel sebelumnya kembali muncul. Sialan memang, hahaha.

Selesai update malah muncul masalah seperti kemarin
Selesai update malah muncul masalah seperti kemarin

Lagi-lagi error can’t find base name menghantui sob. Lantas apa jalan selanjutnya? Ya lakukan sama seperti di artikel sebelumnya.

Baca Juga :  Tutorial Cara Unlock Mi Account Redmi 1S (100% Work)

Dan, taaarraaaaaaaaaaaaaaaa…….ketika sudah diganti ke jps versi 2.3.3 si Android Studio ini bisa diajak untuk bekerja kembali.

Alhamdulillah.

Alhamdulillah. Bisa normal lagi
Alhamdulillah. Bisa normal lagi

Semoga artikel sederhana bagaimana cara mengatasi error mengupdate android studio ke versi 3.1.0 ini bisa bermanfaat untuk sobat Archi semua. Dan tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada sobat yang sudah mampir ke blog ini.

Folder JPS 3.0.1

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.