Ngecas Baterai Fujitsu F-04G Lama Penuhnya?

Posted on

ArchiMateriali.com – Holla sobat Archi dimanapun berada. Semoga selalu semangat hari ini ya. Aamiin. Tulisan kali ini masih seputaran Fujitsu F-04G. Mumpung masih ada yang bisa dibahas ya dibahas, hehe. Jika sebelumnya saya membahas setting apn dan launcher kali ini yang akan dibahas adalah baterai Fujitsu F-04G. Lebih tepatnya sih, cara ngecas baterai Fujitsu F-04G agar cepat alias tidak lama.

Saya beli hape ini sebelum lebaran kemarin. Lumayan sih dapat harga 950 ribu. Karena harga pasarannya masih 1.200.000 di Bukalapak maupun Tokopedia. Hal yang membuat saya suka dari Fujitsu F-04G ini selain layarnya yang jernih pol. Sumpah sob, bisa dipakai untuk ngaca, hahaha. Adalah faktor kamera. Mungkin di lain kesempatan akan saya ulas masalah kamera Fujitsu F-04G ini. Untuk kapasitas baterai sih standarlah, 3120mAh.

Ngecasnya Lama

Ketika hape ini sampai di rumah. Langsung saya coba ngecas baterainya. Karena kapasitas baterainya yang tinggal beberapa persen. Alhamdulillah masuk. Bisa dicas. Sambil saya pakai utak atik. Selang beberapa jam kok tidak ada kenaikan persen di baterainya. Padahal posisi cas masuk. Mulai khawatir saat itu Sob!

Saya tinggal sebentar, mungkin karena sambil dipakai jadi kapasitas baterai tidak mau naik. Selang 1 jam, kondisi masih sama. Warna baterai masih merah dengan tanda petir. Angka persentase juga masih sama, malahan turun. Bukannya naik malah turun. Bedebah.

Akhirnya saya putuskan untuk menghubungi pihak penjualnya.

“Mas ini kok baterainya tidak mau nambah ya pas dicas? Bukannya nambah malah turun.”

“Waduh kok bisa gitu mas. Padahal saya coba di sini juga baik-baik saja itu. Coba pakai kabel charger dan adaptor lainnya mas. Karena sebelumnya juga tidak ada masalah.”

Okelah saya turuti saran dari penjualnya. Duh Gusti, beli hape seken kok ya banyak cobaannya. Karena kita tentu tidak boleh su’udzon kepada orang lain.

Charger Original

Akhirnya saya mencoba menggunakan charger original milik hape lain. Ya siapa tahu ini biang keladinya. Saya coba menggunakan charger original milik Samsung dan Asus. Hasilnya bagaimana?

Baca Juga :  Cara Mudah Setting Huawei HG8245A Menjadi Access Point

Pakai charger Samsung, ada pernambahan ketika dicas. Ya meskipun masih agak lama. Daripada hape-hape yang pernah saya pakai selama ini.

Pakai charger Asus juga kurang lebih sama seperti charger miliknya Samsung. Ada penambahan meskipun agak lama juga.

Dicas Sambil Dimatikan

Karena jengkel bukan main, saya matikan itu hape. Kemudian saya tinggalkan begitu saja sambil aktifitas seperti biasanya. Mau marah-marah juga percuma, hahaha. Lha kok beberapa jam saya cek baterainya bisa keisi penuh. Ooohh dasar Siluman Tapir, maunya dicas sambil dimatikan. Itu solusi pertama, dicas sambil dimatikan. Sobat Archi bisa mencobanya.

Oh iya lupa, Fujitsu F-04G ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 810. Prosesor ini sudah mendukun Qualcomm ® Quick Charge™ 2.0 technology. Berikut ini saya lampirkan berkas dari situs Qualcommnya.

Mungkin itulah alasannya kenapa ketika dicas sambil dimatikan masukkan bisa cepat.

Dicas Dengan USB Laptop

Jadi kemarin ingin memindahkan hasil foto di hape Fujitsu ini ke laptop. Akhirnya dicoloklah Fujitsu F-04G ini ke laptop Dell. Seperti biasa ketika kita mencolokkan hape ke laptop atau komputer otomatis akan mengisi daya baterai. Selang beberapa menit, persentase baterai kok naik. Bisa dikatakan seperti ngecas hape-hape sebelumnya.

Aneh bukan Sobat Archi? Saat dicas menggunakan charger adapator yang notabene 2 Ampere dalam posisi hape hidup, naiknya naudzubillah lamanya. Lha ini dicolokan ke USB laptop malah naiknya cepet. Padahal untuk arus listrik USB laptop atau komputer hanya mengeluarkan arus listrik kurang lebih sebesar 0,5 Ampere.

Lha apakah hape Fujitsu F-04G ini memang harus menggunakan adaptor charger 0,5 Ampere? Wallahu alam Sob, haha. Ini solusi nomor dua, dicas di USB laptop atau komputer.

Jadi kesimpulannya, selama ini ya kalau tidak saya cas sambil dimatikan ya dicolokkan ke laptop/komputer.

Airplane Mode

Saran ini saya dapatkan dari salah satu kawan yang memakai Fujitsu F-04G juga. Permasalahannya sama yang saya jumpai ketika mengecas hape satu ini. Akhirnya dia mencoba mengaktikan Airplane Mode sebelum Fujitsu F-04G ini dicas. Selang beberapa menit nonaktifkan airplane mode tersebut. Kemudian coba deh cas menggunakan charger 2 Ampere.

Baca Juga :  Download All Songs Of No Copyright Sounds [Google Drive]

Katanya sih ada perbedaan ketika sebelum dan sesudah menggunakan tips di atas. Lantas apakah setiap kali mau dicas harus mengaktifkan mode pesawat terus? Tidak harus cukup dilakukan sekali saja sobat. Mungkin sobat ARchi bisa mencobanya sendiri di rumah. Solusi ketiga, aktifkan airplane mode sebelum dicas kemudian nonaktifkan.

Lantas apakah baterainya boros atau tidak Mas Archi?

Dengan kapasitas sebesar 3120mAh, yang menurut saya itu standar minimal smartphone sekarang ini. Sepengalaman saya menggunakan hape Fujitsu F-04G dengan baterai 3120mAh boros sih tidak, awet juga tidak. Kembali lagi ke pemakaiannya bagaimana. Kalau dipakai untuk main game seharian ya wajar dikatakan boros. Tapi jika sebatas facebook-an, whatsapp-an dan media sosial lainnya sudah cukup kok. Kuat tidaknya jaringan sinyal di daerah sobat Archi juga ambil bagian cepat habisnya baterai hape.

Kalau saya sih pernah mencoba, ketika malam saya cas sambil dimatikan paginya saya hidupkan. Saya pakai seperti biasa. Browsing, main facebook, whatsapp, telegram, youtube, main game yang ringan-ringan sampai malamnya masih sisa 20an persen. Tetapi sekali saya tekankan di sini, semua kembali ke pemakaiannya ya Sob.

Akhir kata, mungkin segitu dulu ya sobat Archi unek-unek saya mengenai baterai Fujitsu F-04G ini. Kalau mau mencobanya sendiri ya silakan beli di Bukalapak atau Tokopedia. Tidak rugi sih menurut saya pribadi lho ya. Oh iya, untuk masalah kendala ngecasnya lama entah ini saya saja (semoga saja) atau juga dialami sobat Archi yang kebetulan mungkin juga membeli hape ini. Saya juga tidak tahu menahu. Harapannya ya tidak terjadi ke sobat-sobat Archi lainnya.

Mengenai permasalahan di awal tulisan ini dengan seller di Bukalapak. Alhamdulillah selesai dengan baik. Komplain tidak saya teruskan, toh hapenya juga berfungsi sampai saat ini. Terima kasih sudah mampir.

Salam Archi, Salam Bahagia.

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

5 thoughts on “Ngecas Baterai Fujitsu F-04G Lama Penuhnya?

  1. Sama persis dg yg sama alami di Fujitsu Arrows Tab F-03G
    Klo di cas harus dimatikan.Cas naik msh agak lama tapi bisa diterima. Dan Baterainya bisa full 100% klo dimatikan.

    1. Ternyata tidak hanya saya saja yang mengalami hal tersebut. Sayang Fujitsunya sudah mati tanpa sebab, haha

  2. Yg terpenting adalah mendapat skema hp fujitsunya, lalu cari dimana letak ic chargernya berada, ganti jika nemu sparepartnya
    #tetapifujitsutidakadaskemanya #tidakadasparepartnya
    #jadijanganbelifujitsu

  3. Sama saya juga lama banget chargenya pas baru beli. Setelah saya coba2 masalahnya ada di kabel. Saya tes dengan kepala charge yang 2A. Punya saya bawaan xiaomi. Terus saya ganti kabel micro usb yg fast charging 5A. Hasilnya memuaskan. Walau di pake sambil main game baterai terisi penuh dengan cepat. Kabel yg saya pake Essager Kabel Charger SuperCharger Micro USB 1 Meter 5A – EX3 (cari aja di marketplace)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.