Pengalaman Menggunakan J&T Resi Otomatis Bukalapak

Posted on

ArchiMateriali.com – Selamat malam sobat Archi yang selalu dirahmati Allah SWT. Aamiin. Terima kasih sebelumnya kepada semua sobat Archi dari kemarin yang menyempatkan waktunya untuk sekadar berkomentar di sini. Tanpa kalian saya bukan apa-apa, hehe. Oke baik. Kali ini saya akan bercerita. Iya bercerita pengalaman ketika mendapatkan transaksi J&T Resi Otomatis di Bukalapak.

Jadi ceritanya ada pembeli yang menanyakan motherboard Axioo Neon TNN yang saya jual di Bukalapak. Setelah beberapa lama ngobrol akhirnya deal harga. Dan karena Mbaknya ini adalah pelapak prioritas di Bukalapak jadi transaksi tidak bisa dicancel. Karena jika dicancel maka saya yang sebagai penjual akan mendapatkan 3 feedback jelek. Sadiisss…

Selang seharinya motherboard sudah terpacking dengan aman dan langsung saya kirim via J&T dengan datang langsung ke salah satu counternya. Saya awalnya mengira transaksi ini seperti transaksi-transaki pada umumnya. Setelah pulang langsung rencana mau memasukkan nomor resi di transaksi. Karena hape tidak saya bawa ketika di counter J&T.

Lha kok tidak bisa memasukkan nomor resi. Tertulis bahwa transaksi ini sudah booking resi tertentu. Matiihhh. Bodohnya saya ya di sini. Saya tidak nggeh bahwa resi otomotasi J&T hanya perlu cetak kode booking dan tidak perlu bayar ongkos kirim di counter. Karena sudah dibayarkan oleh pihak pembeli.

Ya sudah, mau tidak mau ya harus menghubungi si mbak pembelinya ini menceritakan bahwa saya tidak tahu resi otomatis j&t nya. Makanya saya kirim paketannya seperti biasa. Saya fotokan nomor resi pengiriman regulernya. Dan si mbaknya sih tidak masalah, barangnya pasti sampai asal alamatnya benar.

Salah Paham

Benar saja sobat Archi, ya iyalah haha, selang dua hari si mbaknya ngasih tahu kalau barang sudah sampai dengan selamat. Sudah dites juga. Motherboard aman dan oke punya. Tetapi Mbaknya tidak bisa klik tombol barang sampai. Lha wong transaksinya masih nunggu proses perubahan ke kirim paket. Karena kode booking otomatisnya tidak terproses.

Baca Juga :  Solusi CorelDraw X8 Has Stopped Working Windows 7

Akhirnya, saya menghubungi pihak CS Bukalapak deh. Menceritakan bahwa transaksinya sudah sampai tetapi saya tidak nggeh kalau resi otomatis itu sudah booking resi. Malah saya kirim dengan paket reguler. Saya lampirka bukti-bukti mulai dari nomor resi, screenshot tracking nomor resi di J&T, percakapan dengan si mbak pembelinya. Pokonya paket komplit dah, haha.

Solusi Bukalapak

Dan, eng ing eng, tidak sampai 3 jam (kalau tidak salah). Proses transaksi telah berhasil dan saldo buka dompet saya nambah sekian ratus ribu. Alhamdulillah pihak Bukalapak tidak membuat ribet. Terima kasih Bukalapak. Terima kasih Mbak pembeli yang dari Gresik.

Begitulah sob, pengalaman cerita saya dengan J&T resi otomatis di Bukalapak. Setidaknya bisa membuat pengalaman dan pembelajaran bagi saya yang udik ini. Kadang pengalaman adalah ilmu yang terbaik.

Oh iya, sebenarnya kemarin saya menjual motherboard Axioo Neon TNN sedangkan untuk spare part yang lainnya seperti baterai Axioo Neon TNN, keyboard Axioo Neon TNN sampai casing atas bawah Axioo Neon TNN masih ready kok, hahaha malah promosi.

Saran dari salah satu sobat Archi,Mas Ahnaf, membagikan tips untuk yang dropshipper:

[infobox style=”alert-info”]Saya juga dropshiper, caranya gampang kok gan, proses pesanan setelah 3 jam terkonfirmasi. Jangan diklik dapatkan kode booking, biarkan saja sampai kita dapat resi dari supplier kita, setelah dapat nomor resi & trackingnya valid, langsung hubungi pihak bukalapak, bilang kalo kita dropship dan minta dibantu untuk input resi. Nanti CS akan nanya nomor transaksi dan nomor resi. Setelah ditracking valid, kita akan diminta nomor hape dan email kita yang terdaftar sebagai akun bukalapak. Kalo sesuai…beres, resi sudah berhasil diinput. Saya sudah bolak balik dapat orderan resi otomatis selalu begitu, nggak pernah ada masalah. Cuma agak sedikit boros dipulsa, tapi saya pake paketan yang nelpon semua operator, jadi lebih irit pulsa.[/infobox]

Salam Archi.

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

40 thoughts on “Pengalaman Menggunakan J&T Resi Otomatis Bukalapak

  1. Kalau untuk dropshipper bagaimana ya caranya gan, kalau dapat orderan kayak gitu kalau pembelinya prioritas dan harus wajib resi otomatis

    1. Kalo dropshipper dapat pembeli prioritas begitu mungkin, ini mungkin ya Mas Zainul, kita kirimkan bukti resi otomatis ke orang yang barangnya kita ambil.

    2. saya juga dropsihiper gan, dpt cust prioritas wajib resi otomatis, dan gx bisa input resi yang dikasih dari pihak suplier.
      Sepertinya BL sistemnya musti ada perbaikan agar tetap bisa masukin resi manual meskipun cust prioritas.

      solusinya ane telpon cs BL dan akhirnya resi di inputin sama CS nya. lumayan baik sih cs nya.

      1. Bisa gitu ya mas. Tapi memang sih kelemahan customer prioritas ya gitu, kita harus mengirimkan bukti resi otomatis tersebut ke pihak dropship kita.

        Alhamdulillah kalo memang pihak CS BL baik hati.

      2. pengalaman yang baru juga saya rasakan, kenapa gak dikembalikan saja sih Fitur kita yang milih sendiri mau input manual atau otomatis.
        ecommerce kok ribet sekali ya

        1. Karena kalo otomatis langsung dr pihak J&T nya Mas Vandam. Kita memang harus sedikit teliti saja sih. Ya itung2 sebagai pengalaman saja mas.

          Terima kasih sudah mampir mas

      3. saya kirim dgn resi otomatis seberat 1 kg, klu secara aturan saya cntumin di transaksi 30 kg, dan realitanya yg 30 kg itu saya kirim via tiki reguler, dan akhirnya biaya kurir kpotong 30 kg bkn 1 kg.. saya mau mnanyakn apalh nanti udah pencairan uang biaya kurir kpotong 1 kg apa 30 kg ? trimaksih

        1. Belum pernah mengalami hal tersebut itu Mas Galih. Kalau ternyata dikirimkan dengan ekspedisi yang lain (tidak pakai J&T) sepertinya yang cari tetap yang sesuai tertera dengan yang di Resi Otomatis J&T-nya itu Mas Galih. Karena resi otomatis itu biaya kirim sudah terpotongkan secara otomatis

    3. saya jg dropshiper, caranya gampang kok gan, proses pesanan setelah 3 jam terkonfirmasi…jangan di klik dapatkan kode booking, biarkan saja sampe kita dpt resi dr supplier kita, setelah dpt no. resi & trackingnya valid, lgsg hub bukalapak, bilang kalo kita dropship dan minta di bantu untuk input resi…nanti CS akan nanya no. trx dan no. resi…setelah di tracking valid, kita akan diminta no. hp dan email kita yg trdaftar di akun bukalapak, kalo sesuai…beres, resi udh berhasil di input…saya sihh udh bolak balik dpt orderan resi otomatis selalu begitu nggk prnah ada masalah. cuma agak sdikit boros di pulsa, tp saya pake paketan yg nelp smua operator, jd lebih irit pulsa

      1. Terima kasih mas Ahnaf atas masukannya. Sangat membantu sekali jawabannya untuk para dropshipper yg sedang memulainya. Saya tambahkan di atas ya mas.

        Terima kasih. Salam bahagia

      2. Pengalaman dan ilmu yang sangat berharga, barusan saya menjalankan trik dari mas ahnaf ini, dan alhamdulillah dibantu sama CS BLnya. setelah proses pesanan saya gak langsung klik kode boking, saya tlp dulu csnya, dan benar diminta nomor pesanan, tlp, dan email.
        terimakasih mas ahnaf.

    4. ane jg pernah begitu sbg pembeli ngerasa anehh kok gk dikirim2 paket saya ,gada resi nya juga ,trs kata penjual nya udah dikirim trs dikasih resi sama dia ,saya cek malah tdk terdaftar ,ywd saya tungguin aja pas besokkan nya status nya berubah jd ada resi tp beda sama yg dikasih penjual ,pas brg dateng saya bingung dong gk bsa konfirm terima barang yaudah saya komplen ke bl nya klo nomor pesanan ini sudah sampai ,mlh saya yg komplen coba ke bl nya biar bisa klik terima barang wkwk ,dan lgsg bisa cuma sebentar aja gapake lama ,nah status pengirimannya juga baru muncul dh.

      1. Memang sedikit ribet resi otomatis dr J&T buat dropshipper saat ini Mbak. Karena memang awal munculnya marketplace belum mengantisipasi adanya resi otomatis dr pihak ekspedisi, hehe.

        Semoga kedepannya bisa lebih baik dari fasilitas yg diberikan pihak ekspedisi dengan pihak marketplace sendiri buat para pemain dropshipper dan tentunya juga buat para pembeli seperti kita.

        Terima kasih sudah mampir Mbak Isvy. Salam bahagia

  2. Saya jg Barus kemarin sore
    order udh mlm minta langsung kirim jdi’y y pack langsung sendiri
    Eh g bs input resi ha-ha-ha
    Setelah ngobrol sama pembeli,pembeli bilang kirim lg aja kotak kosong atau gmn yg penting dpt resi ha-ha-ha kasihan kurir ‘y sih tp

    1. Hahaha, bukan saya saja ternyata ya mas Rava. Eh ini mas atau mbak ya, hehehe

      Terima kasih sudah menyempatkan berkomentar dan mampir di sini mas/mbak Rava.

    2. persis sperti yang ane lakuin gan.. saya kirim kotak kosong berisi kertas2 agak tebel, pas di konter jnt nya, eh diperiksa paketannya..hasyemmmm. katanya barang kirman gx valid, cukk.

      trus disuruh bawa balik lagi.

      1. Hahaha, ya sebenere lagi2 harus konfirmasi lagi ke pihak pembeli dan bagian CS BL jika memang ada kesalahan seperti yang saya alami di atas Mas Fadim.

        Hahaha, semoga kita bisa memetik hikmah dan pelajaran dari ketidaktahuan ini, hahaha

        1. Mungkin memang hari tersebut bukan rejekinya Mas Niko,hehehe.
          Lha akhirnya gimana mas jadinya? Laporan ke CS Bukalapak?

    1. Ya kita bilang saja ke pembeli apa adanya mas. Kalo pembelinya pengertiaan tidak jadi masalah sih. Dan juga kita kudu laporan ke CS Bukalapak terkait hal ini dengan menyertakan bukti2 pendukung.

      Terima kasih Mas Lukman sudah mampir

    1. Ya Allah, ternyata tidak hanya saya saja yang mengalami.

      Iya mas Irfan, harus kirim email ke CS Bukalapak. Sertakan bukti2 seperti yg sudah saya sampaikan di artikel.

  3. Terima kasih info yg sangat bermanfaat.

    Ijinkan memberikan tambahan, kesalahan proses input Resi Bukalapak ini (wajib Resi Otomatis tetapi terlanjur diproses Manual) akan berakibat ongkos kirim (ongkir) tidak masuk dlm jumlah yg dibayarkan/dikredit ke rekening Bukadompet karena secara sistem bahwa pada transaksi dgn Wajib Resi Otomatis sebagai Seller/penjual tidak harus membayar ongkir lagi di counter J&T (Ongkir dibayar by system) semacam transaksi menggunakan Gosend atau Grab.

    Solusinya…setelah pembeli melakukan confirm barang diterima, kita sbg Seller harus contact lagi utk memohon pengkreditan selisih ongkir tsb dgn melampirkan bukti Resi J&T manual.

    Demikian sedikit tambahan info, semoga bermanfaat.

    1. Sepertinya tidak Mbak Susan. Karena pihak sana juga sudah kepotong biaya ongkir di deposit J&T nya.
      Intinya sih sama2 dirugikan biaya ongkir Mbak. Diikhlaskan saja Mbak, hehe

  4. selain J&t jasa pengiriman yang laiin apa sama kaya gitu mbak.. apakah ada jasa pengiriman yang menyediakan input resi manual?

    mohon balasanya karna saya masih galau dengan sitem resi otomatis… hehhehe

    1. Sebenarnya untuk sistemnya sih tidak ribet kalo awalnya kita tahu mas Ahmad. Dan kasus saya di atas lantaran saya yang belum nggeh dengan sistem resi otomatis ini.

      Kalo masih bingung untuk yg dropshipper di ataa juga sudah saya cantumkan saran2 dari sobat Archi lainnya yg memberikan tips dan trik yang dipakai selama ini.

      Jadi untuk mas Ahmda jika selaku penjual di BL atau tokped ya bisa dipelajari sistemnya seperti kasus di atas.

      Hehehe, semoga tidak bingung ya Mas Ahmad.

      Salam Archi, salam bahagia

  5. Tidak ada jalan lain selain menghubungi CS. saya rasa semua marketplace akan mecari solusi untuk kenyamanan dropship untuk kedepannya. Tidak mungkin CS akan melayani coustumernya untuk menginput resi setiap hari. dan tidak mungkin juga marketplace ingin menutup program droshipper karena berdampak menurunnya omset iklan yang dapat merugikan perushaan marketplace. resi otomatis ini bukan program dari marketplace tapi dari pihak jasa pengirim. demikan sedikit komen dari saya. mohon maaf jika saya salah menganalisisnya. terimakasih.

    1. Untuk saat ini memang begitu adanya sih Mas Dadan, masih harus dilakukan secara manual. Ini dikarenakan adanya fitur langganan yang diberikan pihak J&T sehingga dari pihak sananya sudah memberikan resi tersendiri. Sebenarnya jika kita tahu dan paham sih tidak akan terkendala seperti yang saya alami, hehe.

      Terima kasih sudah mampir Mas Dadan. Salam Bahagia

  6. waduh ane kaget jg ada resi otomatis gini, awalnya ane baru aja kemaren liat2 youtube ttg dropshipper kok ada yg ngomongin resi otomatis ? cm ga terlalu merhatiin seh.. eeh baru aja hr ini ane ada orderan tapi minta resi otomatis j&t. langsung ane ngudeng coba baca Q&A bukalapak trus ampe nyampe juga ke situs ini. pertanyaan ane knapa seh harus ada resi otomatis ? apa kelebihannya dibanding resi manual ? perasaan buat ane malah agak ribet yach ? mgkn kl resi otomatis lebih cocok buat pelapak yg jual barang banyak kali, kl yg pretelan barang ici2 kyk ane malah bikin ribet.

    1. Resi Otomatis salah satu fitur dari ekspedisi J&T langsung Mbak, jadi kayak daftar pelanggan premiumnya J&T. Tiap kali transaksi kita tidak perlu bayar lagi dikarenakan dipotong dari total saldonya. Dan resi otomatis ini dari pihak pembelinyalah yang memberikan nomor resi yang diberikan kepada pihak penjual.

      Memang sedikit ribet untuk pihak dropshipper, lha wong saya yang jualan barang langsung saja juga sedikit ribet pas awal-awlanya, hehehe.
      Tipsnya sih kita klik komunikasikan terlebih dahulu ke pihak pembeli sih mbak kalau semisal dia memilih ekspedisi J&T apakah memakai resi otomatis atau tidak.

      Dan semoga kedepannya pihak marketplace bisa menjembatani miss link adanya fitur resi otomatis J&T ini. Terima kasih sudah mampir Mbak Diana

  7. Mas maaf mau nanya, klo saya dapet supplier di Shopee tapi pengirimannya cuma hanya terima J&T Express otomatis, sedangkan saya dropshiper di tokopedia. Nah itu gimana mas, apakah nantinya resi J&T Express otomatisnya bisa diinput di tokopedia.. Boleh minta masukannya..

  8. Saya mau tanya, klo pake resi otomatis kan kita sebagai pelapak gak usah bayar biaya ongkir ke jnt karena udah dibayar sama pembeli, kan disitu ada 2 pilihan, kita ke jnt atau kurir dateng ke tempat kita. Kalo misal kita ditagih biaya ongkir sama kurirnya gimana ngomongnya ya? Apa kita bilang kalo ongkir udah ditanggung sama penerima paketnya?

    1. Resi Otomatis itu kita sebagai pelapak harus mencetak bukti resi tersebut yang sudah disiapkan dari pihak J&T-nya Mas Aryo. Kita cukup mencetak resi tersebut, maka dari pihak agen J&T nya akan mengecek resi tersebut apakah valid atau tidak, karena pada dasarnya resi tersbeut sudah tersimpan di databasenya J&T. Jadi ketika Mas Aryo sudah melampirkan bukti resi otomatis tersebut seharusnya dari pihak J&T sudah paham. Mungkin begitu Mas Aryo

  9. saya mau tanya, klo pakai resi otomatis kan si pembeli bayar biaya ongkir nya tuh. dan kita terlanjut pakai manual ke counter langsung dan ngeluarin dana ongkir.

    yang jadi permasalahan ,dana ongkir yang di bayar pembeli itu masuk ke mana ya?

    1. Dia tetap masuk ke pihak ekspedisi mas, dikarenakan si pembeli deposito terlebih dahulu. Sehingga biaya ongkir dipotong dari saldo si pembeli di ekspedisi tersebut. Sebenernya ya sama-sama rugi si pembeli dan si penjualnya. Dan yang untung ya pihak ekspedisi, hahaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.