Photopea : Cara Mudah Mengedit File PSD Tanpa Photoshop

Posted on

ArchiMateriali.com – Holla sobat Archi dimanapun berada. Bagaimana puasanya hari ini? Semoga masih kuat dan membawa keberkahan bagi kita semua. Aamiin. Oh iya, jangan lupa juga bersyukur kita masih bisa bersua dengan bulan Ramadan tahun ini. Baiklah kita sudahi basa basinya, hehe. Kali ini saya akan membahas cara mudah mengedit file PSD tanpa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Kita pasti tahu untuk membeli lisensi Adobe Photoshop kebanyakan masyarakat Indonesia kurang berminat lebih memilih menggunakan aplikasi ilegal atau bajakan. Jujur sebelumnya saya juga seperti itu masih menggunakan aplikasi Photshop ilegal.

Photopea

Untuk mengedit file PSD yang sobat miliki tetapi tidak memiliki aplikasi Photoshop. Sobat bisa menggunakan Photopea. Apa itu Photopea? Photopea adalah editor gambar secara online. Jadi dia berbasis web tidak dalam bentuk aplikasi. Jadi di sini kita memerlukan akses internet untuk membukanya. Alamat tautannya adalah https://www.photopea.com/

Selain karena gratis, Photopea ini juga mendukung beberapa file selain PSD antara lain : XCF, Sketch, XD bahkan sampai CDR (filenya CorelDraw). Inilah yang membuat saya senang menggunakan Photopea ini.

Mengapa saya merekomendasikan menggunakan Photopea? Pertama, gratis. Kedua, online jadi tidak perlu memasang aplikasinya. Jadi bisa digunakan di komputer atau laptop apa saja asal terhubung dengan internet

Kembali ke pokok pembahasan mengenai mengedit file PSD. Mari kita bahas langkahnya satu per satu.

Cara Mudah Mengedit File PSD Dengan Photopea

1.Pertama-tama sobat Archi bisa membuka alamat dari Photopea tersebut. Yaitu di https://www.photopea.com/, maka akan muncul tampilan jendela seperti di bawah ini. Halaman selamat datang, sobat bisa mengeklik tombol silang (X).

2. Tampilan halaman asli dari Photopea ini kurang lebih seperti tampilan Photoshop pada umumnya.

3. Untuk membuka file PSD yang sebelumnya sobat miliki bisa dengan menarik file tersebut langsung ke halaman Photopea. Atau pilih File kemudian pilih Open. Atau bisa juga dengan bantuan shortcut di keyborad Ctrl + O.

4. Kemudian pilih file PSD yang akan kita edit selanjutnya pilih Open.

Baca Juga :  Cara Mudah Translate Subtitle Film Bahasa Inggris Online

5. Sekarang sobat bisa mengedit file PSD layaknya mengedit dengan Photoshop.

6. Jika sudah selesai dan hendak meng-export hasil gambar bisa dengan memilih File kemudian pilih Export As. Selanjutnya pilih jenis eksistensi gambar yang akan sobat gunakan. Sebagai contoh di sini saya memilih JPG.

7. Akan muncul jendela Save for Web seperti di bawah ini. Untuk bagian Quality sobat bisa mengatur sesuai selera. Di sini saya mengatur ke 100% agar gambar yang dihasilkan tidak pecah. Selanjutnya pilih tombol Save. Proses pengunduhan gambar akan terjadi.

8. Jika sobat Archi hendak menyimpan file PSD bisa dengan cara pilih File kemudian Save PSD.

Gimana sobat Archi? Mudah bukan cara mengedit file PSD menggunakan Photopea. Selain tentunya gratis, fitur yang ditawarkan kurang lebih sama dengan Adobe Photoshop.

Sekian pembahasan kali ini, semoga ilmu atau tutorial sederhana ini bisa bermanfaat untuk sobat Archi semua. Dan selamat mencoba.

Salam Bahagia.

Sedikit Tips dari saya:

– Untuk menyeleksi objek baik gambar atau teks sobat kalau di Photoshop cukup dengan Ctrl + T di Photopea ini menggunakan kombinasi Ctrl + Alt + T. Atau bisa juga dengan mencentang Transform Control seperti gambar di bawah ini.

Jangan pernah memencet tombol Alt ketika sedang membuka halaman Photopea. Jika belum mengeklik lainnya bisa diatasi dengan memencet ulang tombol Alt lagi. Tetapi jika terlanjur sudah memencet tombol Alt dan mengeklik, efek yang ditimbulkan adalan perintah duplikat. Jadi setiap kita mengeklik gambar atau teks di halaman kerja Photopea hasilnya menduplikasi gamabr atau teks tersebut. Slah satu solusi ya dengan cara menutup tab Photopea kemudian membukanya kembali.

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.