Solusi Instal Driver VGA Asus K45DR Selalu BSOD?

Posted on

ArchiMateriali.com – Holla sobat Archi dimanapun berada. Sudah lama rasanya tidak menulis kembali di sini (mohon dimaafkan karena kesibukan di dunia nyata yang menyita waktu, hehehe). Sudah bersyukurkah kita hari ini sobat? Walau hanya sebatas tersenyum kepada oranglain. Baiklah, permasalahan yang akan saya angkat kali ini adalah menginstal driver VGA Asus K45DR yang selalu Blue Screen on Death (BSOD). Jadi ceritanya kemarin ada teman yang meminta tolong untuk menginstal ulang laptop Asus K45DR-nya. Setelah selesai dan hendak memasang driver VGA-nya lah kok selalu layar biru error yang muncul. Alamak, kenapa pula ini?

Oh iya sebagai pengantar bahwa Asus K45DR ini menggunakan dual graphic yaitu AMD Radeon® Mobility™ HD7640G + HD 7470M Dual Graphics with 1GB DDR3 VRAM. Di sini saya menggunakan OS Windows 7 64bit.

Versi Driver VGA Terbaru

Awalnya saya beranggapan bisa jadi crash ini disebabkan karena versi driver VGAnya yang ketinggian atau sudah lama. Maka saya pun mengunduh driver terbaru maupun yang lama yang ada di situs resmi Asusnya. Untuk versi driver VGA Asus K45DR yang ada di situs resminya seperti gambar di bawah ini:

Saya coba satu per satu dua driver di atas. Tetapi hasilnya masih sama saja. Setiap kali selesai memasang driver VGA yang saya unduh di situs resminya Asus. Setelah dimuat ulang atau restart langsung Blue Screen (BSOD).

Auto-Detect and Install Radeon™ Graphics Drivers for Windows

Setelah mencoba memasang driver VGA secara manual di atas yang hasilny masih juga gagal. Cara selanjutnya yang saya gunakan yaitu menggunakan apliaksi Auto-Detect and Install Radeon™ Graphics Drivers for Windows dari AMD. Ya siapa tahu jika menggunakan aplikasi pendeteksi otomatis ini bisa menemukan driver yang cocok.

Tetapi lagi-lagi hasilnya tetap ngeblank biru setiap kali direstart.

Dan juga beberapa saran yang saya dapatkan di Kaskus dan blog-blog lainnya. Tetapi masih sama juga hasilnya. NIHIL.

Lantas solusinya bagaimana Mas?

Di sini saya akan memberikan beberapa solusi yang bisa sobat pilih. Dan untuk mengatasi BSOD yang akan selalu muncul dikarena permasalahan di driver VGA sobat harus menghapusnya terlebih dahulu. Jika sudah begini mau tidak mau kita harus memperbaikinya dengan cara menghapus driver VGA lewat jalur Safe Mode.

Menghapus Driver VGA di Safe Mode

1.Sobat Archi harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi dari AMD yaitu AMD Clean Uninstall Utility. Pastikan sobat mengunduhnya kemudian pindahkan ke flashdisk sobat.

Baca Juga :  Cara Mudah Blok Iklan di Mi Music

2. Masuk ke dalam safe mode di laptop sobat Archi. Jika sobat menggunakan Windows 7 dengan cara menekan tombol F8 ketika booting, jika sobat menggunakan Windows 10 juga sama. Ketika sudah masuk tancapkan flashdisk yang sudah ada AMD Clean Uninstall Utility tersebut.

3. Buka aplikasi AMD Clean Uninstall Utility.

4. Pilih YES ketika muncul jendela pemberitahuan bahwa semua driver AMD akan dihapus.

5. Tunggu sampai proses pencopotan atau penghapusan semua driver AMD selesai.

6. Pilih FINISH jika proses pencopotannya sudah selesai.

7. Sobat diminta untuk REBOOT atau muat ulang laptop tersebut. Pilih YES.

Selamat laptop Asus K45DR sobat Archi sudah bisa masuk booting kembali. Tetapi untuk tampilannya masih besar-besar alias belum ada driver VGA yang terpasang. Kembali lagi ke pembahasan solusi yang sudah saya singgung di atas adalah sebagai berikut

Pertama, solusinya adalah biarkan saja laptop apa adanya, yakni tidak terpasang driver VGA-nya. Tapi kan tampilannya gede-gede mas, tidak enak dipakai untuk kerja atau apa. Untuk permasalahan tersebut solusinya gampang. Sobat klik kanan di area dekstop kemudian pilih Screen Resolution. Di bagian Resolution pilih ukuran pixel yang paling tinggi atau atas. Lanjut klik Apply dan OK. Taaaraaaaa……tampilan dekstop di Asus K45DR sobat enak dipandang. Ya, walau begitu pilihan SLEEP tetap tidak bisa digunakan.

Kedua, dari beberapa saran yang saya baca di forum Kaskus dan blog lain. BSOD ketika menginstal driver VGA disebabkan karena kerusakan di hardware VGA-nya. Ya mau tidak mau, harus digaransikan jika memang laptop sobat masih bergaransi. Tteapi ada juga yang menyarankan membersikan pasta di atas VGA-nya diganti dengan pasta baru. Ada juga yang berhasil dengan cara tersebut. Tetapi saya belum mencobanya sendiri. Mungkin sobat Archi ada yang mau mencobanya? hehe

Solusi yang saya pakai adalah solusi yang pertama. Meskipun sampai sekarang juga masih mencari solusi atas permasalahan tersebut. Apakah sobat Archi ada yang pernah mengalaminya juga?

Semoga bermanfaat unek-unek kali ini. Sala bahagia.

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.