Solusi Mudah Apache XAMPP Tidak Bisa Digunakan

Posted on

Archi Materiali – Holla sobat Archi dimanapun berada. Sudah berbahagiakah hari ini? Semoga sudah ya sobat. Karena pada dasarnya bahagia itu kita ciptakan bukan kita cari, hehehe, sok bijak ya saya ini. Baiklah, kali ini saya akan membahas tentang cara atau solusi mudah Apache XAMPP tidak bisa digunakan. Saya yakin sobat Archi semua tahu apa itu Xampp. Bagi sobat Archi yang sering berkutat dengan dunia coding dan website tidak asing dengan nama XAMPP.

Apa itu XAMPP?

Saya menyalin pengertian dari Wikipedia, adalah sebagai berikut :

XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri, yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Jadi ceritanya, kemarin ada salah satu teman saya yang mengirimkan pesan bahwa apache XAMPP-nya tidak bisa digunakan. Setiap kali hendak ditekan tombol start atau mulai selalu muncul pemberitahuan error. Untuk lebih jelasnya bisa melihat tangkapan layar yang diberikan seperti di bawah ini:

Setelah bertapa dan berselancar di internet, akhirnya wangsit tersebut datang juga. Setelah saya pikir-pikir dan saya simpulkan ada 2 solusi mudah untuk mengatasi permasalahan di atas. Jika ndilalah sobat Archi juga mengalami hal yang sama bisa mencobanya sendiri.

1.Update Windows 7 Service Pack 1 (SP1)

Yang menjadi titik permasalahannya adalah OS yang digunakan teman saya. Kebetulan teman saya itu masih kekeh menggunakan Windows 7 bajakan. Dan aplikasi XAMPP ini membutuhkan operating system minimal Windows 7 Service Pack 1 atau SP1. Dan, Windows 7 yang dipakai teman saya ini belum SP1. Sudah bajakan belum SP1 lagi, wkwkwkwk.

Jika sobat ternyata juga kekeh kayak teman saya itu solusi utamanya ya diupdate ke SP1. Bisa dilakukan secara offline kok. Tinggal mengunduh file update-an sesuai versi Windows 7 yang sobat gunakan. Saya sudah menyertakan tautan unduhan yang bisa sobat pilih. Tenang, file update ini gratis dari Microsoft kok. Yang tidak gratis kan Windows 7 yang teman saya gunakan tadi. Penyimpanan yang saya gunakan di sini Google Drive, jadi sobat bisa kenceng mengunduhnya.

Windows 7 32bit/x86 (538MB)

Windows 7 64bit/x64 (903MB)

2. Ganti ke Windows Terbaru

Solusi kedua yang bisa sobat gunakan adalah ganti Windows yang terbaru. Windows terbaru saat ini adalah Windows 10. Untuk serial number sobat bisa beli murah kok di Tokopedia atau Bukalapak, mulai dari 70 ribuan.

Akhir kata, semoga artikel kali ini bisa berguna dan bermanfaat untuk sobat ARchi semua. Dan sebagai penutup, jangan lupa bahagia. Salam Bahagia untuk sobat semua. Terima kasih.

Baca Juga :  Cara Mudah Download All Filmora Built-in Effect [Google Drive]
Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.