Strategi Umum Sukses Tes CPNS

Posted on

ArchiMateriali.com – Holla sobat Archi dimanapun berada. Sudah lama sepertinya saya tidak menulis di blog sederhana ini. Kali ini saya akan membagikan sedikit tips atau trik bagi sobat Archi yang berkesempatan mendaftar tes CPNS. Atau sekarang bisa juga disebut tes CASN, Calon Aparatur Sipil Negara. Tembus CPNS bukanlah sesuatu yang mustahil, semua tergantung apa yang sobat persiapkan. Ada beberapa strategi yang perlu diperhatikan dalam belajar. Hal ini bertujuan agar aktivitas belajar yang kita lakukan berjalan efektif. Kalau belajar kita efektif, maka apa yang dipelajari bisa terserap dengan baik. Strategi yang dimaksud antara lain:

1. Jangan Belajar Mendadak

Sistem belajar SKS adalah cara belajar yang lebih dekat dengan kesia-siaan. Persiapan belajar idelnya dilakukan 4-7 bulan sebelum ujian. Tujuan kita belajar adalah mendapatkan pemahaman dan pemahaman membutuhkan waktu.

2. Ciptakan Waktu Belajar

Mereka yang mendaftar CPNS ada yang fresh graduate, ada yang sudah bekerja berangkat pagi pulang malam, ada pula yang sudah lulus 3 tahun dan masih menganggur. Khusus bagi sobat yang sudah bekerja dan berniat ikut mendaftar CPNS, kadang waktu belajar menjadi masalah tersendiri. Saran saya jika memang sobat punya niat yang kuat untuk sukses CPNS, maka sisihkan sehari satu jam khusus untuk belajar. Waktu paling ideal adalah 1 jam di pagi hari setelah sholat shubuh. Saat itu badan kita masih sangat fresh, baru bangun tidur, dan tentunya bertenaga. Jika menunggu luang maka saya pastikan sobat tidak akan pernah punya waktu untuk belajar. Waktu belajar harus diciptakan, harus diluangkan, semuanya tergantung niat sobat.

3. Membuat Target Mingguan untuk Belajar

Fokuslah pada materi yang sudah umum diujikan dalam CAT CPNS. Kita tahu bersama, materi CAT terdiri dari 3 kelompok soal, yaitu TWK, TIU, TKP. Masing-masing kelompok tentunya berisi materi-materi yang spesifik. Misal TWK ada materi sejarah, materi perundang­undangan, materi wawasan kebangsaan, Pancasila, dll. Materi TIU ada sinonim, antonim, matematika, penalaran, dll. Data semua materi yang harus dipelajari secara detail. Belilah buku-buku persiapan CAT CPNS, atau download materi-materi yang merupakan cakupan materi CAT CPNS. Petakan, lalu buatlah jadwal target belajar. Atur sedemikian rupa apa saja yang harus dipelajari. Misalnya, minggu ini khusus menghapal UUD 1945, minggu besok belajar tentang Pancasila, dst.

Baca Juga :  Cara Mudah Kembalikan Data Hilang Dengan R-STudio

4. Membuat Rangkuman Harian

Merangkum adalah mengambil hal-hal pokok dari materi yang diajarkan. Cara ini sangat bermanfaatdalam belajar. Lebih simpel dan to the point, sehingga kita bisa cepat menghafalnya. Misalkan kita akan menambah perrbendaharaan kata, maka kita bisa membuat rangkuman berupa catatan kecil berisi kosa kata sukar yang bisa kita bawa kemana-mana. Atau misal kita akan menghapal tahun panting bersejarah, kita bisa menuliskannya pada kertas kecil lalu membacanya kapan aja saat ada kesempatan. Atau saat kita search di GOOGLE menemukan materi hapalan panting, rangkumlah, lalu cukup diprint saja dalam format kecil agar bisa praktis dibawa dan bisa dibaca kapan saja.

5. Gunakan Bantuan “GOOGLE”

Tipe soal CPNS para prinsipnya begitu-begitu saja. Saya sering menjumpai soal CPNS tahun lalu dimunculkan di tahun berikutnya. Dan sangat sering tema soalnya sama, hanya pertanyaannya yang diubah. Nah, setiap soal CPNS atau materi selalu ada kata kuncinya. Misalkan ada satu soal menanyakan tentang pengertian Pancasila sebagai ideologi terbuka. Maka, jangan asal tahu jawabannya, tapi cobalah analisis hal-hal lain terkait ideologi terbuka, misalkan prinsip-prinsipnya, penerapannya, atau perbedaannya dengan ideologi tertutup, dll. Semuanya dapatsobat lakukan dengan search di GOOGLE. Ketikkan kata kunci “IDEOLOGI TERBUKA”, maka segala hal tentang materi tersebut akan tersedia di depan sobat. Pilah­-pilahlah mana materi yang panting untuk dikuasai. Dari sini secara tidak sadar penguasaan materi sobat akan berkembang.

6. Mengikuti Bimbingan Belajar

Salah satu pilihan yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri kita menghadapi ujian CAT CPNS adalah mengikuti bimbingan belajar khusus persiapan menghadapi seleksi CPNS. Dengan mengikuti bimbingan belajar, kita dapat memantapkan materi dan belajar aneka trip-tips mengerjakan soal. Selain itu, kita juga bisa bertanya tentang materi yang tidak kita pahami pada sang pengajar. Info bimbingan bisa dibuka di www.forumedukasi.org, lalu klik INFO PELATIHAN.

7. Practice Make Perfect

Pengalaman adalah guru yang terbaik, seperti itu kata pepatah. Jika sobat pernah mengerjakan soal yang sama, maka biasanya instruksi pengerjaannya pun sama. Dan tidak jarang trik pengerjaannya pun sama. Artinya sobat sudah maju satu langkah, sobat tidak perlu lagi payah­payah memahami cara pengerjaannya, dan sobatpun akan bisa mengerjakannya dengan lebih cepat .

Baca Juga :  Cara Mudah Verifikasi Paypal dengan VCN BNI

Artinya, banyak melakukan try out mandiri adalah strategi persiapan yang harussobat lakukan untuk menghadapi ujian CAT CPNS. Khusus tentang try out, berikut yang bisa sobat lakukan!

Pertama, selalu kerjakan soal berdasarkan batas waktu yang disediakan. Berhentilah mengerjakan jika memang waktu sudah habis. Lihat dan catat skor total dan skor per subtesnya. Berapa pun nilainya, berarti itulah kemampuan sobat sementara. Hasil try out bisa memberi gambaran sejauh mana kemampuan sobat. Gunakan informasi ini secara bijak, misalnya semangat untuk terus meningkatkan nilai, atau juga bisa dijadikan bahan untuk menentukan materi yang harus dipelajari lebih khusus .

Kedua, tentu dalam mengerjakan pasti ada saja soal yang tidak bisa sobat kerjakan. Ataupun ketika merasa bisa mengerjakan tapi ternyata hasilnya salah. Nah, terhadap soal-soal seperti ini, pelajari kembali sampai ditemukan pemahaman terhadap jawab­an yang benar. Prinsipnya adalah satu kesalahan telah dilakukan, tetapi sobat paham jawaban yang benarnya, maka satu kebenaran telah sobat dapatkan. Seribu kesalahan dilakukan dan sobat tahu jawaban yang benarnya, maka seribu kebenaran juga sobat dapatkan. Usahakan untuk tidak melakukan kesalahan pada jenis soal yang sama.

Juga jangan lupa berlatih dengan menggunakan software CAT. Saat ini banyak sekali software CAT yang bisa diunduh gratis. Rajinlah berlatih menggunakan software tersebut agar saat pelaksanaan tes tidak canggung dan lebih lancar.
Pahami instruksi dalam pengerjaan, misalkan bagaimana cara menjawabnya, berapa waktunya, kapan harus dimulai, dll. Kadang jika tidak hati-hati dan cermat memahami aturan main dalam CAT CPNS maka bisa berakibat gagalnya hasil tes sobat.

Materi Tes CPNS

Oh iya untuk menunjang tips di atas saya sertakan beberapa materi CPNS tahun kemarin yang bisa sobat pelajari. Hitung-hitung sebagai pelengkap sobat belajar untuk menghadapi tes CPNS/CASN.

All New Tes CPNS 2018 – Tim Garuda Eduka

Modul Resmi SKD SKB CAT CPNS 2018/2019 – TIM PSIKOLOGI SALEMBA

Update Paling Lengkap Drilling Semua Jenis Soal Tes CPNS Sistem

Semoga bermanfaat ya sobat Archi semua!! Terima kasih

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.