TransMac : Cara Mudah Buat Bootable MacOS High Sierra di Windows

Posted on

ArchiMateriali.com – Selamat malam sobat Archi dimanapun berada, hehe. Semoga sellau dalam keadaan sehat wal afiat. Aamiin. Pada bahasan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat bootable macOS High Sierra di Windows. Di artikel sebelumnya saya menambahkan tautan unduh untuk macOS High Sierra dengan google drive. Atau jika memang sobat Archi pengguna macbook atau iMac bisa juga mengunduh macOS High Sierra menggunakan aplikasi patcher.

Jadi ceritanya kemarin ada iMac salah satu teman yang minta tolong untuk dipasang ulang atau instal ulang. Karena memang dasarnya tidak memiliki device Apple mau tidak mau harus menggunakan perangkat windows untuk membuat flashdisk bootablenya. Lantas apa sajakah yang perlu dipersiapkan?

  • Perangkat Apple yang mau dipasang ulang (iMac, MacBook atau Mac Mini)
  • Flashdisk minimal 8GB (di sini saya menggunakan Sandisk Cruser Blade)
  • File ISO macOS High Sierra
  • Aplikasi TransMac (di sini saya menggunakan versi portablenya)

Jika keempatnya sudah disiapkan kita akan lanjut membahas langkah-langkah untuk membuat flashdisk bootable macOS High Sierra di Windows. Langsung cekidot…….

Langkah 1

Mencolokkan flashdisk 8GB (merk boleh terserah sobat masing-masing). Pastikan di dalam flashdisk tidak ada file yang penting karena nantinya akan keformat.

Langkah 2

Buka aplikasi TransMacnya terlebih dahulu. Untuk tampilan awalnya seperti gambar di bawah ini. Flashdisk yang sudah kita colokkan tadi akan terbaca.

Langkah 3

Klik kanan pada flashdisk yang akan sobat buat jadi bootable macOS kemudian pilih Restore with Disk Image.

Langkah 4

Akan muncul jendela Warning! atau peringatan. Pilih saja Yes.

Langkah 5

Sekarang muncul jendela Restore Disk Image to Drive, pada bagian select file pilih titik 3 untuk memasukkan file ISO macOS High Sierra yang sudah kita persiapkan di awal tadi.

Di jendela Open pilih pengaturan All files (*_*) karena bawaannya ada file *.DMG. Cari letak file iso macOS High Sierra kemudian pilih Open.

Langkah 6

Muncul pemberitahuan peringatan sekali lagi. Memberitahukan bahwa file yang ada di dalam flashdisk akan tergantikan dengan file iso macOS High Sierra. Jika sudah yakin pilih Yes.

Baca Juga :  Whatsapp Andromax Prime Error Meski Sudah Pembaruan Firmware?

Langkah 7

Tunggu proses restore image to disk sampai selesai.

Langkah 8

Jika sudah selesai dan berhasil akan muncul pemberitahuan Restore Complete seperti gambar di bawah ini. Pilih OK.

Selamat!!! Sobat Archi sudah berhasil membuat flashdisk bootable macOS High Sierra. Mudah bukan Sob? Saya yakin sobat semua bisa melakukannya.

Tetapi, jika penjelasan di atas dirasa masih juga membingungkan sobat Archi bisa melihat versi videonya di bawah ini.

Dan terakhir, semoga tutorial cara mudah membuat bootable macOS High Sierra di Windows menggunakan Transmac bisa bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan, he he he. Sekali lagi terima kasih kepada sobat Archi yang sudah berkunjung di blog sederhana ini.

Salam Archi.

Gambar Gravatar
Selalu ingin belajar akan hal-hal yang baru.